Biden Ungkap jika AS Siap Jamin Keamanan 'Seperti Israel' untuk Ukraina

- 8 Juli 2023, 20:00 WIB
Presiden AS Joe Biden
Presiden AS Joe Biden /REUTERS/Kevin Lamarque

POTENSI BISNIS - Presiden Joe Biden mengatakan dalam sebuah wawancara yang ditayangkan pada Jumat 08 Juli 2023 bahwa AS bersedia menawarkan Kiev jenis pengaturan keamanan yang saat ini ditawarkan kepada Israel sebagai gantinya keanggotaan NATO.

"Saya tidak berpikir Ukraina siap untuk menjadi anggota NATO," kata Biden.

"Saya tidak berpikir ada kesepakatan di NATO tentang apakah harus membawa Ukraina ke dalam keluarga NATO saat ini, pada saat ini, di tengah perang," ujar Biden.

Baca Juga: Jumlah Pengungsi Akibat Banjir Lahar Semeru di Kabupaten Lumajang Bertambah

Keanggotaan dalam blok militer yang dipimpin AS berarti komitmen untuk membela seluruh wilayahnya, jadi "jika perang berlangsung, maka kita semua berada dalam perang. Kita sedang berperang dengan Rusia, jika itu terjadi," kata Biden kepada Fareed Zakaria dikutip dari RT.com.

Ukraina telah menuntut undangan dari NATO, atau setidaknya pengumuman kapan mereka mungkin siap untuk menerima Ukraina, dalam pertemuan puncak di Vilnius, Lithuania.

Presiden AS berusia delapan puluhan ini mengatakan bahwa saat ini masih "terlalu dini" untuk meminta pemungutan suara dan menggambarkan NATO sebagai "proses yang membutuhkan waktu" yang melibatkan reformasi seperti demokratisasi.

Biden mengatakan AS perlu menyajikan "jalur rasional" bagi Ukraina untuk memenuhi syarat keanggotaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Ceker Ayam, Satu di Antaranya Mencegah Osteoporosis

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: RT


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x