Petani Banyumas Melaksanakan Upacara Kemerdekaan ke-75 RI di Tengah Sawah

- 17 Agustus 2020, 20:33 WIB
ilustrasi: petani
ilustrasi: petani /pixabay/herriest/

 

POTENSI BISNIS – Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di Banyumas dilaksanakan ditengah sawah.

Masyarakat Desa Mandirancan, Kecamatan Kebasen Kabupaten Banymas, Jawa Tengah mengekspresikan rasa Nasionalisme melalui upacara di sela-sela kesibukan panen.

Menggunakan ritual Gubrak Lesung ritual tradisi petani, upacara pengibaran dilaksanakan dengan khidmat dan penuh harap.

Baca Juga: Dalam Rangka Hari Kemerdekaan Indonesia, Ibu-ibu di Majalengka Berlomba Tangkap Ayam Tutup Mata

Upacara ditengah sawah mengandung makna mendalam bagi petani, meski harus berhadapan dengan kenyataan musim kemarau, bahaya hama padi, hinga bencana, namun tetap hal ini menjadi sebuah kebanggan bagi petani.

Dibalik itu semua petani masih merasa tetap setia dengan pekerjaan yang kerapkali merugikan, seperti dikutip PotensiBisnis.com dari pikiran-rakyat.com.

Usai upacara, sejumlah kaum ibu yang memainkan Gubrak Lesung.
Usai upacara, sejumlah kaum ibu yang memainkan Gubrak Lesung.

Menggunakan pakaian baru dan bergembira meskipun pandemi covid-19 belum berakhir, begitulah keberlangsungan upacara 17 Agustus ini dilaksanakan.

Meskipun tidak terbiasa melaksanakan upacara bendera, namun petugas mampu menjalankannya dengan baik. Upacara di tengah area persawahan ini sengaja dilakukan sebagai wujud penghormatan petani kepada para pahlawan yang telah berjuang menggapai kemerdekaan.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x