Kominfo Turut Bertindak Mengantisipasi Kebocoran Data BPJS

- 23 Mei 2021, 05:46 WIB
Juru bicara Kementrian Kominfo menginformasikan perkembangan kasus kebocoran data pengguna BPJS Kesehatan pada 22 Mei 2021.
Juru bicara Kementrian Kominfo menginformasikan perkembangan kasus kebocoran data pengguna BPJS Kesehatan pada 22 Mei 2021. /kominfo.go.id


POTENSI BISNIS - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah melakukan sejumlah langkah guna mengantisipasi penyebaran data pribadi yang lebih luas.

Termasuk salah satunya melakukan take down sejumlah tautan yang berisi sampel data tersebut.

"Pertama adalah Raid Forums yang teridentifikasi sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan di Indonesia, sehingga website tersebut, termasuk akun bernama Kotz sedang dilakukan proses pemblokiran," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi melalui keterangan tertulisnya yang dikutip PotensiBisnis.com dari laman Kominfo, 21 Mei 2021.

Baca Juga: Tidur Siang Bisa Meningkatkan Daya Ingat Otak? Simak 5 Manfaatnya Berikut Ini

Dedy Permadi mengatakan tautan untuk mengunduh data pribadi, yakni tautan data di bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com ke semuanya telah dilakukan pemblokiran.

Lebih lanjut, hingga hari ini, Kominfo telah mengidentifikasi jumlah data yang lebih besar dan memperluas investigasi terhadap sekitar satu juta data yang diklaim sebagai data sampel oleh penjual.

Dari hasil investigasi yang dilakukan secara acak terhadap sekitar satu juta data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kominfo dan BSSN perlu melakukan investigasi lebih mendalam bersama dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Update Kode Redeem FF Minggu 23 Mei 2021: Dapatkan Skin hingga Diamond Gratis dari Garena

Sesuai dengan amanat PP 71 tahun 2019, Kominfo telah melakukan pemanggilan terhadap Direksi BPJS Kesehatan pada hari Jumat, 21 Mei 2021 sebagai pengelola data pribadi yang diduga bocor untuk proses investigasi secara lebih mendalam.

Ada pun hasilnya adalah pihak terkait yaitu BPJS Kesehatan akan segera memastikan dan menguji ulang data pribadi yang diduga bocor.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x