BPBD Catat Data Tambahan Korban Terdampak Gempa Garut Magnitudo 6,5 di Wilayah Ciamis

- 29 April 2024, 18:30 WIB
Tim Forum Pengurangan Resiko Bencana sedang membantu mengevakuasi rumah salah satu warga yang terdampak gempa di Desa Mekarjaya.
Tim Forum Pengurangan Resiko Bencana sedang membantu mengevakuasi rumah salah satu warga yang terdampak gempa di Desa Mekarjaya. /

POTENSI BISNIS - Dampak gempa bumi dengan magnitudo 6.5 yang mengguncang Kabupaten Garut tidak hanya berhenti di wilayah Garut saja.

Menurut data terbaru yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, jumlah rumah yang terdampak mencapai 67 unit, ditambah dengan dua sarana keagamaan, dua sekolah, dan sejumlah unit usaha.

Ani Supiani, Kepala Pelaksana BPBD Ciamis, menyatakan bahwa laporan mengenai kerusakan ini diterima pada Minggu, 28 April 2024, sekitar pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Jalan Braga, Ikon Bersejarah Bandung, Siap Sambut Pengunjung Tanpa Kendaraan Setiap Akhir Pekan

"Berdasarkan hasil assesment, ada 67 rumah yang terdampak, dengan jumlah 221 jiwa. 59 rusak ringan, 7 rusak sedang, 1 rusak berat, ditambah 2 sekolah yang terdampak, 2 sarana ibadah (mesjid), serta tempat penggilingan padi," ucapnya, Senin, 29 April 2024.

Baca Juga: UPDATE! Pasca Gempa Magnitudo 6,2 di Garut Ratusan Rumah Warga Rusak, Ini Rincian Datanya

Dari data yang telah dikumpulkan, BPBD Ciamis telah menginformasikan kondisi ini kepada Penjabat (Pj) Bupati Ciamis dan berkoordinasi dengan berbagai dinas terkait untuk menangani kerusakan dan memberikan bantuan kepada para korban sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati tahun 2019.

Ani menambahkan bahwa sejumlah keluarga harus mengungsi sementara akibat kerusakan yang mereka alami.

Baca Juga: Tak Hanya sebagai Bumbu Masakan, Inilah Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah