Soal Pansel Caping KPK, Jokowi: Baru Disiapkan, Bulan Juni Selesai

- 15 Mei 2024, 09:52 WIB
Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Lacaria, di Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa Mei 2024.
Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Lacaria, di Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa Mei 2024. /Foto: BPMI Setpres/Vico

POTENSI BISNIS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang memproses sembilan nama yang akan menjadi anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ini baru disiapkan, nanti Juni sudah kita selesaikan," ujar Jokowi kepada wartawan setelah mengunjungi Pasar Sentral Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa, 14 Mei 2024.

Namun, Jokowi enggan menyebutkan nama-nama kandidat yang telah muncul sejauh ini. Ia memastikan bahwa anggota Pansel Capim KPK nantinya akan memiliki integritas tinggi dan akan fokus pada pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Bikin Geger! Warga Jakarta Utara Temukan Granat di Kolam Pemancingan, Ternyata Dulunya Bekas Tempat....

"Ya tokoh yang baiklah, yang punya integritas, yang concern terhadap pemberantasan korupsi, saya kira banyak sekali, tinggal nanti dipilih," tuturnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengharapkan bahwa Pansel Capim yang terpilih akan memiliki pemahaman tentang masalah dan tantangan dalam upaya pemberantasan korupsi di masa depan.

"Pansel Capim KPK tentunya harus memahami problem dan tantangan pemberantasan korupsi ke depan dan bekerja secara independen serta objektif dalam memilih para calon Pimpinan dan Dewas KPK," ungkap Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan.

Baca Juga: Petakan Wilayah Rawan Konflik Saat Pilkada 2024, Begini Penjelasan dari Kemenko Polhukam

Ali menyatakan bahwa KPK, sebagai lembaga negara di bawah kekuasaan eksekutif, menjalankan tugas dan wewenangnya secara independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun.

Halaman:

Editor: Sihab Ulumudin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah