Wisatawan Sumbang PAD Rp 47 Miliar saat Libur Panjang di Jabar

- 3 November 2020, 21:12 WIB
Ilustrasi: Seorang perempuan solo traveling saat liburan/
Ilustrasi: Seorang perempuan solo traveling saat liburan/ /PIXABAY/JESHOOTS-com

POTENSIBISNIS - Libur panjang belum lama ini berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari industri pariwisata sepanjang bulan Oktober yang mencapai Rp 47 miliar.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat catat bahwa angka kunjungan ke destinasi periode tanggal 27 - 31 Oktober sebanyak 145.212 orang untuk 11 kabupaten kota.

Paling tinggi didapatkan Kabupaten Bogor dengan realisasi Rp 17 miliar, disusul Kota Bandung dengan realisasi Rp 12 miliar.

Baca Juga: Pengusaha Travel Umrah Keluhkan Proses Karantina, Minta Kebijakan Ditinjau

“Dari data yang ada, total PAD sepanjang bulan Oktober di sektor ini Rp 47 miliar,” kata Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik pada wartawan, Selasa 3 November 2020.

Dalam berita " Selama Musim Liburan, PAD Jabar dari Industri Pariwisata Sepanjang Oktober Mencapai Rp 47 Juta ", Dedi menuturkan, Rp 47 miliar tersebut disumbang juga okupansi hotel di 11 Kabupaten Kota sebanyak 48 persen, wisatawan yang mendatangi restoran di empat kabupaten kota ada 18.513 orang.

Naik 70 persen

Dalam catatan, hotel okupansi tertinggi di Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut.

Di daerah tersebut hotel okupansi selama libur panjang dari pada 28 sampai 31 Oktober berada di kisaran 70 hingga 80 persen dibandingkan momen biasa saat pandemi.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x