Nelayan Pangandaran Dapat Pelatihan Hadapi Ancaman Megathrust

- 30 Maret 2021, 12:45 WIB
Gempa megathrust dan tsunami setinggi 20 meter diprediksi menyapu bagian selatan Pulau Jawa. Selain itu, beberapa wilayah lain di Indonesia juga rawan gempa ini.
Gempa megathrust dan tsunami setinggi 20 meter diprediksi menyapu bagian selatan Pulau Jawa. Selain itu, beberapa wilayah lain di Indonesia juga rawan gempa ini. /bmkg

 

POTENSI BISNIS - Nelayan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mendapat pelatihan keterampilan untuk menghadapi ancaman gempa megathrust.

Nelayan yang dilatih sebanyak 1.000 orang, dan pelatihan ini dilakukan dalam mengantisipasi terjadinya gempa.

Megathrust merupakan gempa yang disebabkan tumbukan antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia yang dapat memicu tsunami.

 Baca Juga: Dampak Gempa Megathrust Memungkinkan Pangandaran Terancam Tsunami, BMKG Segera Upayakan Hal Ini

"Mereka akan mendapat pelatihan penanggulangan bencana. Jika terjadi megathrust, mereka dapat membantu masyarakat lainnya untuk menyelamatkan diri," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Safii Nasution dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, 29 Maret 2021 malam, dikutip dari ANTARA.

Alasan diadakan pelatihan itu, sebagai langkah pemerintah untuk melindungi warga pesisir selatan, termasuk Kabupaten Pangandaran dari ancaman megathrust.

"Wilayah Pangandaran merupakan kawasan rawan bencana ke-17 secara nasional dan keenam di Provinsi Jawa Barat," kata Safii.

 Baca Juga: Simak! 6 Potensi Bisnis yang Cocok saat Ramadhan

Safii mengatakan anacaman Megatrush itu sesuai dengan peta bencana yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2019.

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x