Heboh Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Kemenkes Tegaskan Begini

- 7 Mei 2024, 10:15 WIB
Heboh Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Kemenkes Tegaskan Begini
Heboh Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Kemenkes Tegaskan Begini /Prokerala

POTENSI BISNIS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan bahwa efek samping vaksin Covid-19 AstraZeneca dapat terjadi dalam waktu paling lama enam bulan setelah mendapatkan suntikan.

"Kalau vaksin AstraZeneca dikatakan efek samping atau kejadian ikutan pasca-imunisasi rentang waktunya adalah empat sampai 42 hari dan paling lama adalah enam bulan sesudahnya," ungkap Karo Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Senin, 6 Mei 2024.

Baca Juga: Stop Malas Sikat Gigi! Ini Dia Efek Samping yang Akan Kamu Rasakan

Nadia juga menjelaskan bahwa jika ada penyakit yang timbul pada penerima vaksin setelah enam bulan, itu tidak berkaitan dengan efek dari AstraZeneca.

"Jadi kalau yang sudah lebih dari enam bulan mendapatkan vaksin AstraZeneca, kalau ada penyakit pembekuan darah, itu hampir bisa dipastikan bukan karena AstraZeneca," tuturnya.

Baca Juga: Sinetron Cinta Tanpa Karena RCTI: Andrew Sesak Napas kala Lihat Vera Dijodohkan oleh Papanya pada Sosok Ini

Nadia juga menyarankan agar masyarakat tetap tenang, mengingat surveilans dari Komisi Nasional (Komnas) Pengkajian dan Penanganan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) tidak menunjukkan adanya efek samping atau tanda-tanda pembekuan darah.

Baca Juga: Makan Pecel Lele Harus Hati-hati! Berikut Ini Ciri-Ciri Ikan yang Dikasih Pakan Kotoran

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena sampai saat ini Komnas KIPI tidak menemukan gejala atau menerima laporan terkait adanya gangguan pembekuan darah," tukasnya.***

Editor: Sihab Ulumudin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah