Ada Temuan yang Berbeda di Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, Komnas HAM: Insyaallah Terang Benderang

- 7 Januari 2021, 11:05 WIB
Sejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14-12-2020) dini hari. Ada Temuan yang Beda di Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, Komnas HAM: Insyaallah Terang Benderang
Sejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14-12-2020) dini hari. Ada Temuan yang Beda di Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, Komnas HAM: Insyaallah Terang Benderang /Antara via PR Depok/


POTENSIBISNIS.COM - Tim Komnas HAM bersama pihak kepolisian juga sudah melakukan uji rekonstruksi kasus penembakan tersebut di areal parkir sisi kanan Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, pukul 14.30 WIB siang tadi.

Kendati pada tanggal 28 Desember 2020, anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menyebutkan bahwa rekaman CCTV masih 'kasar' dan memerlukan analisis lebih mendalam.

Seperti diketahui, pada 7 Desember 2020 lalu terjadi insiden baku tembak antara polisi dan laskar FPI pengawal Habib Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 50 yang berbuntut tewasnya enam orang laskar FPI.

Baca Juga: Ternyata, Ini yang akan Dilakukan Komnas HAM Setelah Dapat Rekaman CCTV Penembakan 6 Laskar FPI

Menurut keterangan polisi, kendaraan anggota Polda Metro Jaya yang sedang melakukan pengintaian dipepet kendaraan laskar FPI di tol, kemudian diserang dengan menggunakan senjata api.

Diketahui, pengintaian tersebut dilakukan untuk menyelidiki informasi soal isu pengerahan massa yang akan mengawal pemeriksaan Habib Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan dalam kerumunan massa di Petamburan.

Kini yang terbaru adalah Komnas HAM mengklaim telah memeriksa 8.000 lebih video dan ribuan tangkapan layar yang mewakili beberapa titik di lokasi kejadian Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca Juga: Kasus Enam Laskar Khusus FPI, Komnas HAM Terima Rekaman CCTV dari Jasa Marga untuk Hal Ini

Seluruh video tersebut sedang "dipelototi" kembali dan didalami oleh para penyelidik Komnas HAM.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melakukan finalisasi laporan peristiwa dugaan bentrok yang menyebabkan kematian enam orang laskar Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x