Luhut dan Menlu China Bertemu: Siapkan 4.000 hektare dan Deretan Proyek dari Bintan hingga Bali

- 11 Oktober 2020, 10:23 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan /instagram.com/luhut.pandjaitan/

POTENSIBISNIS - Pertemuan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Utusan Khusus Presiden Indonesia bertemu Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi membahas berbagai isu kerja sama.

Satu hal yang menjadi pembahasan adalah Kerja sama "Two Countries Twin Parks" yang sejak tahun lalu diusulkan oleh Pemprov Fujian juga akan ditindaklanjuti oleh Menlu Wang Yi.

Luhut mengharapkan kerja sama itu bisa segera direalisasikan. Dari sisi Indonesia, sudah ada lokasi di Bintan seluas 4.000 hektare dengan infrastruktur pendukung yang sudah relatif baik.

Baca Juga: Tak Semua UMKM Punya Cukup Modal untuk Bertahan saat COVID-19, Kadin Minta Hal Ini Segara Dilakukan

Baca Juga: Mengenal Kopi Temanggung yang Harganya Tetap Stabil di saat Pandemi COVID-19

Konsep kerja sama menurut Menko Luhut juga bisa dikembangkan menjadi "Two Countries Twin Parks with Multiple Zones", dengan menyiapkan setidaknya tiga kawasan industri yakni Bintan, Batang dan Aviarna Semarang.

Luhut mengatakan proyek pengembangan Tsinghua South East Asia Center di Pulau Kura-Kura, di Bali juga menjadi perhatian Pemerintah China.

Baca Juga: Weekend Begini Enaknya Bikin Tahu Goreng Sambal Petis Udang, Simak Cara Mudah Membuatnya

Dalam pertemuan itu, Luhut menyampaikan harapannya agar Pemerintah China dapat mendorong para profesor dan pakarnya melakukan kolaborasi riset dengan Tsinghua South East Asia Center dan agar perusahaan teknologi seperti Huawei, dan Tencent ikut berinvestasi di sana.***

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x