Riset ITB: Tsunami Jawa Timur dan Jawa Barat Diperkirakan Setinggi 20 Meter, BMKG Turut Bersuara

- 26 September 2020, 13:30 WIB
ilustrasi Potensi tsunami setinggi 20 meter diprediksi akan terjadi di sepanjang Pantai Selatan Jawa, mulai Jawa Barat dan Jawa Timur.
ilustrasi Potensi tsunami setinggi 20 meter diprediksi akan terjadi di sepanjang Pantai Selatan Jawa, mulai Jawa Barat dan Jawa Timur. /Tim Lingkar Madiun/zonajakarta.pikiran-rakyat.com

POTENSI BISNIS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) turut bersuara atas riset Institut Teknologi Bandung (ITB), yang memprediksi akann terjadi Tsunami.
ITB menyampaikan riset tersebut cukup menggemparkan warga disekitar pesisir pantai.

Prediksi ITB itu memperkirakan tsunami yang akan mencapai 20 meter berpotensi terjadi di sepanjang pantai selatan Jawa Barat.

Sedangkan di pesisir pantai selatan Jawa Timur akan terjadi tsunami setinggi 12 meter. Hasil riset tersebut pun menggemparkan masyarakat.

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Tagihan agar Tak Perlu Keluar Rumah, Simak Berikut Ini

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan pihaknya mengapresiasi kajian tersebut.

"Adanya potensi gempa kuat di zona megathrust di selatan Pulau Jawa hasil kajian para ahli kebumian ITB yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature baru-baru ini," ungkapnya dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam akun Instagram pribadinya @daryonobmkg yang diunggah pada Jumat 25 September 2020

Sebagaimana diberitakan sebelumnya dengan judul, "ITB Prediksi Tsunami 20 Meter Bisa Terjadi di Jabar dan Jatim, BMKG Singgung Gambaran Terburuk, (PR)". "Diharapkan dapat mendorong kita semua untuk lebih memperhatikan upaya mitigasi bencana gempabumi dan tsunami," sambungnya.

Baca Juga: Tanaman Hias Kaktus yang Sering Dijadikan Dekorasi Rumah, Berikut Cara Perawatannya

Menurutnya, perlu ada upaya serius dari berbagai pihak untuk mendukung dan memperkuat penerapan building code dalam membangun infrastruktur.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x