Perkembangan Teknologi Semakin Pesat, Jokowi Ingin Ciptakan Potensi Ekonomi Baru untuk Indonesia

- 26 September 2023, 13:15 WIB
presiden Jokowi Widodo. Presiden Joko Widodo menekankan perlunya tindakan regulasi yang komprehensif dalam lanskap transformasi digit
presiden Jokowi Widodo. Presiden Joko Widodo menekankan perlunya tindakan regulasi yang komprehensif dalam lanskap transformasi digit /mediacenter.riau.go.id/

POTENSI BISNIS - Dalam pidato di pembukaan Kongres ke-25 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2023, Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, menekankan perlunya tindakan regulasi yang komprehensif dalam lanskap transformasi digital.

Jokowi menegaskan bahwa regulasi ini harus mendorong potensi baru tanpa mengikis ekonomi yang telah ada.

Berbicara dari Istana Negara di Jakarta pada tanggal 25 September 2023, Presiden Jokowi mengungkapkan visinya untuk masa depan digital Indonesia.

"Payung besar regulasi tentang transformasi digital ini memang harus dibuat dengan lebih holistis dan ini sedang dikerjakan pemerintah agar perkembangan teknologi bisa (sepeti) yang kita harapkan dan diharapkan oleh masyarakat," ungkap Jokowi dikutip potensibisnis.pikiran-rakyat.com dari PMJ News.

Baca Juga: Reyna Leluasa Keluar Rumah Saat Kondisi Laras Pincang, si Gemoy Minta Tolong Warga Lakukan Ini, Ikatan Cinta

Jokowi juga menekankan bahwa perkembangan teknologi seharusnya menciptakan potensi ekonomi baru, bukan mengancam atau merusak struktur ekonomi yang telah ada.

"Mestinya perkembangan teknologi itu bisa menciptakan potensi ekonomi baru, bukan membunuh ekonomi yang sudah ada, bukan menggerus ekonomi yang sudah ada," sambungnya.

Presiden Jokowi menyatakan keprihatinannya bahwa perkembangan teknologi yang cepat bisa secara tidak disengaja merugikan sektor-sektor ekonomi yang sudah mapan.

Selain mengantisipasi kemajuan teknologi yang pesat, regulasi ini juga dimaksudkan untuk memberikan kerangka hukum bagi industri yang mungkin terdampak, termasuk industri kreatif dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Halaman:

Editor: Sihab Ulumudin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x