Indonesia agar Terhindar dari Resesi, Kemenkeu Bagikan Tiga Strategi Ini

- 31 Agustus 2020, 15:38 WIB
kerajinan UMKM di Jawa Barat/
kerajinan UMKM di Jawa Barat/ /Tia Dwitiani Komalasari/Pikiran-Rakyat.com

POTENSI BISNIS - Kementerian Keuangan menerangkan tiga strategi supaya Indonesia terhindar dari resesi, yaitu akselerasi eksekusi Program Pemulihan Ekonomi Nasional, memperkuat konsumsi pemerintah, dan konsumsi masyarakat.

Dalam pemaparannya, akselerasi eksekusi program PEN dilakukan dengan mempercepat penyerapan, dan ketepatan sasaran yang terus diperbaiki pada penyaluran berikutnya untuk program yang ada, serta sudah memiliki alokasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran(DIPA).

Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal, Kemenkeu Budiarso menguraikan, hingga 26 Agustus 2020 realisasi penyerapan PEN mencapai Rp192,53 triliun atau 27,7 persen dari pagu anggaran mencapai Rp695,2 triliun.

Baca Juga: CPNS Siapkan Diri untuk Tes SKB akan di Mulai 1 September 2020

"Maka mengoptimalkan peran belanja pemerintah menjadi penting untuk menstimulus roda ekonomi," kata Budiarso di Komisi VI DPR RI pada Senin 31 Agustus 2020.

Sedangkan, dari total pagu anggaran itu sebanyak Rp145,34 triliun belum masuk DIPA, sisanya yakni sebesar Rp393,34 triliun sudah masuk DIPA, dan tanpa DIPA sekitar Rp156 triliun ialah insentif perpajakan.

Kemudian program usulan baru yang tidak didukung data valid, dan membutuhkan perubahan regulasi yang rumit dialihkan untuk penguatan program yang sudah ada.

Maka, kata dia, untuk memperkuat konsumsi pemerintah perlu didorong penguatan belanja pegawai sebagai instrumen pendorong pertumbuhan di antaranya percepatan pencairan gaji ke-13.

Baca Juga: Ditargetkan 3 Juta Pegawai Terima BLT Rp600 Ribu Tahap Kedua, Yakin Tak Mau Cek Dulu Nama Anda?

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x