DPRD Kota Cirebon Memakai Motif Batik Mega Mendung Untuk Lantai Rapat, Budayawan : Ini Penistaan

- 14 Agustus 2020, 08:50 WIB
DPRD Kota Cirebon Rapat
DPRD Kota Cirebon Rapat /dprd.cirebonkota.go.id

POTENSI BISNIS – Terpasangnya karpet bermotif Mega Mendung di atas lantai Gedung DPRD kota Cirebon Jawa Barat menuai kritik budayawan.

Pemerhati budaya dan sejarah di kota Cirebon, menilai prilaku menginjak injak batik Mega mendung sebagai bentuk penistaan terhadap karya seni luhur warisan budaya Cirebon.

Upaya mengenalkan seni dan sejarah di daerah memang sangat penting untuk dilakukan pemerintah sebagai tanggung jawab pelesetarian budaya.

Baca Juga: Kenapa Harus Membuat Business Plan? Berikut Alasan Penting untuk Menunjang Bisnis Anda

Namun jika penafsirannya salah bisa jadi olok olok banyak orang, seperti kasus sekarang bahwa karya seni batik mega mendung di jadikan Karpet dan di Injak. Ungkap Mustaqim Asteja, pemerhati sejarah Cirebon kepada Pikiran-Rakyat.com.

Mustaqim merasa sangat kesal dengan kejadian ini, karena dilakukan di gedung DPRD. Sebagai mana diketahui bersama bahwa DPRD merupakan wakil rakyat, proses dialog dengan rakyat seharusnya bisa berjalan dengan baik.

Menurutnya akan lebih baik jika langkah mengenalkan budaya lokal, terlebih dahulu menjalin dialog dengan para Budayawan, hal itu sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari Pikiran-rakyat.com.

Baca Juga: Perkembangan Dunia Bisnis, Berikut 3 Macam Aplikasi Penunjang Bagi Pebisnis

"Saya menilai penempatannya tidak tepat, karena biasanya motif mega mendung berada di atas, pertanda rahmat dari langit yang tinggi, " katanya.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x