Memaknai HUT Pramuka Yang ke-59, Menjadi Bangsa yang Mampu Beradaptasi di Tengah Pandemi

- 14 Agustus 2020, 06:38 WIB
Ilustrasi: Anak Pramuka
Ilustrasi: Anak Pramuka /pixabay/jufriderwotubun

 

POTENSI BISNIS – Sejak 14 Agustus 1961 Hari Pramuka Nasional ditetapkan pertama kalinya. Gerakan Pramuka ditetapkan melalui keputusa presiden Republik Indonesia no. 238 tahun 1961 diperkenalkan secara resmi pada 14 Agustus 1961.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, memiliki arti sebagai orang orang berjiwa mudan dan penuh karya. Tahun 2020 gerakan pramuka tepat berumur 59 tahun.

Gerakan Pramuka memiliki lambang yang khas, sederhana namun penuh makna yakni tunas kelapa. Lambang ini diciptakan oleh Soenaryo Admodipuro, seorang pembina pramuka dan satu diantara pejabat di departemen pertanian kala itu.  

Baca Juga: Kenapa Harus Membuat Business Plan? Berikut Alasan Penting untuk Menunjang Bisnis Anda

Dalam rangka menyambut hari lahirnya Pramuka, Tim PotensiBisnis mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memahami arti dari lambang yang khas ini untuk menjaga spirit perjuangan pramuka.

Lambang pramuka dapat diartikan sebagai berikut :

1. Buah kelapa

Kelapa merupakan buah yang tahan lama, ini berarti seorang prajamuda karana harus memiliki kekuatan scara jasmani dan rohani disertai sikap yang tekun.

Selain itu, memiliki tekad yang kuat untuk menghadapi segala tantangan zaman demi mengabdikan diri kepada negara Indonesia. Apalagi bangsa Indoensia sedang di uji dengan adanya pandemi Covid-19 yang belum berakhir. 

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x