Resmi! Enam IAIN Transformasi jadi UIN, Menag: Bisa Menarik Input Terbaik dari Lulusan Madrasah

- 29 Mei 2021, 15:09 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, adanya Universitas Islam Negeri (UIN) bisa menarik input terbaik dari lulusan madrasah.
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, adanya Universitas Islam Negeri (UIN) bisa menarik input terbaik dari lulusan madrasah. /Youtube/Kemenag RI

POTENSI BISNIS - Sebanyak enam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) resmi bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Hal itu, berdasarkan dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) terkait perubahan bentuk keenam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Keenam Perpres itu ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 11 Mei 2021.

Baca Juga: Menag Sampaikan Pesan Ini di Hari Waisak untuk Umat Budha

Dengan bertambah enam, maka sekarang total ada 23 UIN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, adanya Universitas Islam Negeri (UIN) bisa menarik input terbaik dari lulusan madrasah.

"Mandat Integrasi Islam dan Sciences dalam wadah UIN,  harus diikuti dengan input siswa terbaik yang kuat tradisi ilmu-ilmu keIslaman dan umum," kata Menag di Jakarta, Sabtu 29 Mei 2021, dilansir dari kemenag.go.id

"Saya akan mendorong alumni Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, dan Madrasah Aliyah yang lain, dengan berbagai diversifikasinya, untuk melanjutkan ke UIN," ungkapnya.

Menurutnya, ada kecenderungan peningkatan input UIN dari siswa yang masih kurang dalam Islamic Studies.

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x