Bumi Semakin Kritis, Target Nol Emisi Karbon Harus Lebih Ambisius

- 29 April 2021, 20:22 WIB
ilustrasi planet bumi.
ilustrasi planet bumi. /Anna Shvets/pexels.com/@shvetsa


POTENSI BISNIS - Aktivis lingkungan Farhan Helmy mengaku perlu adanya target yang ambisius guna mengejawantahkan target nol emisi alias net zero emission.

Target nol emisi itu sangat diperlukan sebagai mitigasi perubahan iklim yang semakin terasa kentara.

Farhan mengatakan target ambisius itu sebagai upaya guna mencapai tujuan dari Perjanjian Paris yang berisi pencegahan kenaikan suhu bumi.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Porang Satu di Antaranya, Lem Ramah Lingkungan dan Pengental Es Krim

Suhu bumi diharapkan tidak melewati ambang batas 2 derajat Celcius dari angka sebelumnya yakni pada masa Revolusi Industri yang mulai digaungkan di datarang Inggris.

Selain itu, kata dia, Perjanjian Paris pun dimaksudkan untuk membatasi perubahan temperatur setidaknya di angka 1,5 derajat Celcius.

"Upaya yang dikumpulkan dari komitmen berbagai negara itu diagregatnya itu masih jauh dari harapan," ujar Farhan dalam diskusi virtual tentang netralitas karbon Indonesia, Kamis, 29 April 2021, dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: Cekbansos.kemensos.go.id Klik dan Login untuk Cek Bansos BST, BPNT, PKH Segera Cair Sebelum Lebaran

Farhan pun mengatakan target nol emisi itu harus dibahas lebih serius dan harus ada komitmen tegas dari seluruh stakeholder termasuk pemerintah.

Ia tidak menyarankan isu netbzero itu hanya berkutik pada tataran wacana isu-isu yang sudah dibahas dalam berbagai pertemuan internasional.

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x