Wow! Ini Sosok Lloyd Austin, Menteri Pertahanan Kulit Hitam Pertama di Amerika

- 23 Januari 2021, 14:00 WIB
Jenderal Lloyd Austin III/Menteri Pertahanan kulit hitam pertama Amerika/
Jenderal Lloyd Austin III/Menteri Pertahanan kulit hitam pertama Amerika/ /ANTARA

POTENSIBISNIS.COM - Sejarah baru untuk pertama kalinya Menteri Pertahanan kulit hitam di Amerika, ia adalah Pensiunan Jenderal Angkatan Darat Lloyd Austin yang dilantik pada Jumat, 22 Januari 2021.

Austin tiba di Pentagon beberapa menit setelah konfirmasi Senat masuk ke jadwal sibuknya yang termasuk percakapan telepon dengan sekretaris jenderal NATO.

"Sampai jumpa di lingkungan gedung (Pentagon)," ujar Austin saat menyapa wartawan di tangga Pentagon, dikutip PotensiBisnis.com dari ANTARA, Sabtu 23 Januari 2021.

Baca Juga: Miris Sekali, Koswara Digugat Anak Kandungnya Rp 3 Miliar

Austin telah menjadi pelopor untuk sebagian besar karir profesionalnya. Sebagai seorang letnan kolonel, ia menjadi prajurit kulit hitam pertama yang diangkat menjadi perwira operasi Divisi Lintas Udara ke-82.

Pria berusia 67 tahun ini adalah prajurit kulit hitam pertama yang memimpin sebuah divisi infanteri dan Korps Angkatan Darat dalam pertempuran, perwira kulit hitam pertama yang menjadi wakil kepala staf Angkatan Darat, dan yang pertama memimpin Komando Pusat AS serta mengawasi pasukan militer AS di Timur Tengah.

"Ada semacam komentar sedih di sini, dan seharusnya kami tidak membutuhkan waktu selama ini untuk sampai di sini. Seharusnya ada seseorang yang mendahului saya," ujar Austin.

Baca Juga: Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan, Ketua Satgas Doni Monardo Positif Covid -19

Penunjukan Austin sebagai menteri pertahanan membutuhkan persetujuan Kongres sebab syarat minimum keluar dari militer adalah tujuh tahun, sedangkan Austin pensiun pada tahun 2016.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x