Cek Fakta: Mengejutkan! Menhan Prabowo Tangkap Beny Wenda, Ini Penulusurannya

- 7 Desember 2020, 16:50 WIB
Menhan Prabowo Subianto menangkap Beny Wenda.*
Menhan Prabowo Subianto menangkap Beny Wenda.* /Doc. TurnBackHoax


POTENSIBISNIS - Beredar video yang diberi judul Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menangkap Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua, Benny Wenda.

Video tersebut bereda di YouTube dengan berdurasi 8 menit 23 detik, diunggah oleh akun C&N Channel pada 4 Desember 2020.

Judul, "MENGEJUTKAN! BERITA HARI INI, PRABOWO TANGKAP BENI WENDA OPM PAPUA, PANGLIMA TNI, TERKINI", video tersebut telah ditonton kurang lebihnya 560 ribu pengunjung.

Baca Juga: Penyanyi Korea Chung Ha Positif Covid-19, Begini Kondisinya

Sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari Penulusuran TurnBackHoax hasil periksa fakta Rizky Maulana dari Universitas Bina Sarana Informatika.

Tidak disebutkan dalam video bahwa Prabowo menangkap Beni Wenda, sementara itu saat ini Benny Wenda masih berada di Inggris setelah mendapatkan suaka politik dari pemerintah di sana pada tahun 2003.

Kategori: Konten yang Salah (Hoax) yang bernarasi “MENGEJUTKAN! BERITA HARI INI, PRABOWO TANGKAP BENI WENDA OPM PAPUA, PANGLIMA TNI, TERKINI” unggah akun Youtube C&N Channel Jumat (04/12/2020).

Baca Juga: Polisi Tembak 6 Orang Simpatisan Habib Rizieq, Fadli Zon: Jangan Gegabah, Memangnya Mereka Teroris

PENJELASAN

Akun Youtube C&N Channel mengunggah video yang diikuti narasi bahwa Prabowo menangkap Benny Wenda, postingan tersebut diunggah pada Jumat (04/12/2020).

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: turnbackhoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x