Gawat! Tiga Candi Terpaksa Ditutup, Antisipasi Gunung Merapi Erupsi

- 30 November 2020, 23:02 WIB
Gunung Merapi diperkirakan akan mengalami erupsi yang bersifat efusif atau lelehan, setelah statusnya dinaikkan menjadi Level III atau siaga.
Gunung Merapi diperkirakan akan mengalami erupsi yang bersifat efusif atau lelehan, setelah statusnya dinaikkan menjadi Level III atau siaga. /Dok. BNPB Indonesia/

POTENSIBISNIS - Tiga candi di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan di tutup dengan terpaulin, mengingat adanya erupsi Gunung Merapi perlu adanya antisipasi hujan abu.

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Balai Konservasi Borobudur (KBK) Wiwit Kasiati usai Gelar budaya Kampanye Pelestarian Borobudur di Mata Anak Muda pada puncak peringatan HUT Ke-29 BKB.

Wiwit mengatakan ketiga candi yang akan ditutup terpaulin tersebut, yakni Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini, 1 Desember 2020 RCTI, SCTV, ANTV, GTV, Indosiar, hingga INews

Namun, Candi Pawon belum dimulai, sedangkan penutupan Candi Borobudur dan Candi Mendut sudah berlangsung beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Candi Borobudur
Ilustrasi Candi Borobudur

"Nanti Candi Pawon juga ditutup, sekarang yang tengah kita lakukan penutupan Candi Mendut dan Candi Borobudur," kata Wiwit.

Mengingat tahun 2010 menurut wiwit, untuk membersihkan batu candi dari abu vulkanik Merapi membutuhkan cukup waktu dan tenaga, jadi pihaknya tidak ingin terlalu memakan waktu ketika ada penutupan candi.

Baca Juga: Mengejutkan! Polda Metro Jaya Takut Panggil Habib Rizieq, Jika HRS Nekat Lakukan Cara Ini

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x