Gempa Bumi Akibatkan RSUD di Sumedang Alami Kerusakan, 248 Pasien Dievakuasi

- 2 Januari 2024, 11:48 WIB
Akibat Gempa Sumedang, pasien RSUD dievakuasi ke halaman gedung dan lima tenda yang ditempatkan di jalan raya
Akibat Gempa Sumedang, pasien RSUD dievakuasi ke halaman gedung dan lima tenda yang ditempatkan di jalan raya /Antara Foto/Raisan Al Farisi/

POTENSI BISNIS - Gempa bumi di kabupaten sumedang, Jawa Barat mengakibatkan fasilitas kesehatan rusak.

Dari catatan BMKG, gempa tersebut terjadi pada pukul 20.34, Minggu, 31 Desember 2023. Gempa diawali dengan gdua gempa pembuka berkekuatan M 4.,1 yang terjadi pada pukul 14.35 WIB dan M 3,4 pada pukul 15.38 WIB.

Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman bersama unsur Forkopimda melakukan peninjauan langsung ke sejumlah titik lokasi yang terkena dampak bencana alam tersebut.

Baca Juga: Ratusan Anak Dibawah Umur Ajukan Dispensasi Nikah Dini ke Pengadilan Agama Jombang, Ini Alasannya

"Kami langsung lakukan cek ricek dan kroscek lapangan. Ada dua area terdampak pertama RSU Sumedang dan Pakuwon. Kemudian kedua, area pemukiman yaitu Babakan Hurip, Tegalsari, Cipameungpeuk dan Cimalaka," ujar Pj Bupati melalui keterangan resminya, Senin, 1 Januari 2024, dikutip dari PMJ News.

Herman menyampaikan bahwa terdapat tiga bangunan yang retak di RSUD dan saat langsung dilakukan asesmen secara cermat yaitu di Paviliun, VIP dan Sakura.

"Kami putuskan semua pasien yang ada di 3 bangunan utama dievakuasi. Sebanyak 248 pasien rawat inap ditambah 83 pasien di IGD dievakuasi ke tempat aman, kami tempatkan di 5 tenda," katanya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Makanan Untuk Menyambut Awal Tahun Baru 2024

Dalam upaya mengevakuasi bencana tersebut, lanjut Herman, pihaknya berupaya memperhatikan keselamatan pasien agar tidak sampai menimbulkan ekses terhadap kesehatan para pasien.

Halaman:

Editor: Sihab Ulumudin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x