Kasus Covid-19 Meningkat, Laporan ICAEW: Proyeksi Ekonomi Indonesia Tahun 2021 di Kisaran 6,2 Persen

- 17 September 2020, 15:34 WIB
Jelang PSBB total di DKI Jakarta, kalangan pengusaha menilai kebijakan itu akan berdampak pada sektor ekonomi, dari hulu ke hilir.
Jelang PSBB total di DKI Jakarta, kalangan pengusaha menilai kebijakan itu akan berdampak pada sektor ekonomi, dari hulu ke hilir. /ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO

POTENSI BISNIS - Direktur Regional Institute of Chartered Accountant in England and Wales (ICAEW) Mark Billington mengatakan, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat.

Hal itu, menurutnya, menyebabkan laju pemulihan ekonomi diperkirakan akan melambat.

Pada tahun depan ICAEW memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 6,2 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan target pemerintah sebesar 5 persen.

Baca Juga: Pemerintah Memastikan 398.637 Pegawai Honorer Mendapatkan Subsidi Upah Rp600 Ribu

Ia mengatakan, PDB Indonesia diperkirakan akan menyusut sebesar 2,7 persen pada tahun 2020 sebelum nantinya akan tumbuh sebesar 6,2 persen pada tahun 2021.

"Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di kawasan ASEAN, proses pemulihan Indonesia akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi kawasan secara keseluruhan," kata Mark pada Kamis 17 September 2020.

Untuk kawasan Asia Tenggara, ICAEW memperkirakan akan mengalami perlambatan pertumbuhan terbesar sejak krisis Moneter Asia di tahun 1997.

Baca Juga: Penting untuk Disimak, 4 Hal yang Harus Diperhatikan agar Panen Wortel Lebih Maksimal

Laju pertumbuhan di kawasan tersebut diperkirakan akan menyusut sebesar 4.2 persen di tahun 2020.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x