Pertama di Asia Tenggara, Presiden Jokowi Resmikan Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh

- 2 Oktober 2023, 18:00 WIB
Joko Widodo (Jokowi), secara resmi meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dikenal dengan nama "Whoosh".
Joko Widodo (Jokowi), secara resmi meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dikenal dengan nama "Whoosh". /PMJ News/

POTENSI BISNIS - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), secara resmi meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dikenal dengan nama "Whoosh".

Peresmian ini berlangsung di Stasiun Halim dan menjadi momen bersejarah dalam pembangunan infrastruktur transportasi Indonesia.

"Dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan." ujar Jokowi dikutip potensibisnis.pikiran-rakyat.com dari PMJ News pada Senin, 2 Oktober 2023.

Baca Juga: Sinopsis Cinta Tanpa Karena 2 Oktober 2023: Ghani Lakukan Ini Usai Tahu Nuna Diculik si Hantu

Hal ini menandai dimulainya era baru dalam sistem transportasi cepat di Indonesia.

Whoosh merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga menjadi yang pertama di kawasan Asia Tenggara.

Dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam, Whoosh menjanjikan perjalanan yang lebih cepat dan efisien antara Jakarta dan Bandung.

Presiden Jokowi menjelaskan lebih lanjut tentang nama "Whoosh," yang terinspirasi dari suara kecepatan dan memiliki singkatan yang memiliki makna penting, yaitu "waktu hemat operasi optimal sistem hebat."

"Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. Dan singkatan dari waktu hemat operasi optimal sistem hebat. Sekali lagi W, h, o, o, s, h, tapi bacanya whoosh," terangnya.

Halaman:

Editor: Sihab Ulumudin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x