KPK Dituntut Transparan dalam Pengungkapan Kasus Syahrul Yasin Limpo, Luhur: Jangan Biarkan Publik Menduga

- 30 September 2023, 14:20 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. /Antara/Reno Esnir/

POTENSI BISNIS - Kasus dugaan korupsi yang menjerat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih menyisakan tanda tanya besar di publik. Hal ini disebabkan oleh ketidakterbukaan KPK dalam mengungkap kasus tersebut.

Analis politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar A Luhur Prianto menilai bahwa KPK harus mampu meyakinkan publik bahwa kasus yang dituduhkan pada SYL murni penegakan hukum.

Bukan karena faktor non-hukum, termasuk tendensi politik.

Baca Juga: Pemain Persib Bandung Bernomor Punggung 19 Ini Siap Bobol Gawang Persita Tangerang

"Ada masalah dalam keterbukaan proses penegakan hukum yang tidak bisa dilakukan KPK," jelas Luhur, Jumat, 29 September 2023 sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com.

Menurut Luhur, KPK harus menjelaskan kepada publik apa yang menjadi masalah dalam kasus SYL. Publik ingin tahu terkait perkara yang diselidiki, bukan materi penyelidikan.

"Jangan biarkan publik menduga-duga atas tindakan penggeledahan yang dilakukan karena akan menimbulkan pelbagai spekulasi," ucapnya.

Pakar Hukum Pidana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Rahman Syamsuddin juga berpendapat bahwa KPK harus lebih transparan dalam mengungkap kasus SYL.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x