Buruan Cek di Cekbansos.siks.kemsos.go.id. Anda Belum Terima Bansos Rp500 Ribu Kemensos?

- 4 September 2020, 14:46 WIB
ILUSTRASI: Seseorang Mengambil Uang bertransaksi melalui ATM/
ILUSTRASI: Seseorang Mengambil Uang bertransaksi melalui ATM/ /Pixabay/mohamed_hassan

POTENSI BINIS - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menyatakan penyaluran dana bantuan sosial (bansos) Rp500 ribu telah mencapai 65,52 persen atau sekitar Rp83,303 triliun dari total Rp127.146 triliun.

Bansos ini disalurkan dalan rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), untuk itu Kementerian Sosial mencairkan Rp500 ribu pada September 2020 ini.

Untuk mengecek nama penerima Bansos tersebut, apakah kita terdaftar, dan apakah dana bansos Rp500 ribu sudah cair, bisa melalui laman Cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Baca Juga: Rekening yang Tidak Aktif, Jadi Faktor Penghambat Penyaluran BLT Pekerja

"Ini semua bisa terlaksana akibat fungsi pengawasan dan dukungan dari rekan-rekan di Komisi VIII yang saya hormati,” ujar Mensos seperti dilansir laman resmi Kementerian Sosial, Kamis, 3 September 2020.

Selain itu, Mensos menyampaikan mengenai Program Bansos Tunai Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Sembako non Program Keluarga Harapan (PKH), dengan target 9 juta KPM dan anggaran Rp 4,5 triliun sudah terelisasi hingga 100 persen pada tanggal 31 Agustus 2020 melalui rekening Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA).

Mengenai bansos Rp500 ribu, Juliari menjelaskan, uangnya berupa top up pada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) KPM, namun uangnya bisa ditarik (cash out) di ATM.

Baca Juga: Bocoran Harga dan Spesifikasi Realme 7, Realme 7 Pro Tampilan Luar Biasa, Mungkinkah Masuk Indonesia

“Jadi sebelumnya uangnya ada dalam e-wallet sebesar Rp 200 ribu dan tidak bisa ditarik hanya bisa dibelanjakan ke e-Warong, namun berkat dukungan HIMBARA uang sebesar Rp 500 ribu bisa ditarik oleh KPM,” kata Juliari.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x