Tingkatkan Kompetensi Ahli K3 untuk Tekan Kecelakaan Kerja, Kemnaker Gelar Pelatihan

- 18 Juli 2023, 14:55 WIB
Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang
Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang /Kemnaker

Potensi Bisnis - Dalam upaya untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit di lingkungan kerja, serta mendukung produktivitas usaha, Kementerian Ketenagakerjaan terus meningkatkan kompetensi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ahli K3).

Haiyani Rumondang, Dirjen Binwasnaker dan K3, menjelaskan bahwa peran serta posisi strategis Ahli K3 di tempat kerja sebagai tenaga teknik berkeahlian khusus dari luar Kementerian Ketenagakerjaan sangatlah penting.

Mereka bertugas mengawasi dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan bidang K3.

Baca Juga: Aktor Senior Pierre Gruno Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Penganiayaan

"Peningkatan Kompetensi Ahli K3 merupakan salah satu target dalam rencana strategis Kemnaker, karena menjadi sarana komunikasi dan edukasi penting bagi para Ahli K3 dalam memperluas wawasan tentang K3," ungkap Haiyani saat membuka secara daring acara Peningkatan Kompetensi Ahli K3 Tahun 2023.

Melalui upaya peningkatan kompetensi ini, diharapkan implementasi K3 di semua tempat kerja dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat dicapai nol kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Haiyani juga menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan berbagai upaya, seperti penyusunan dan pembaharuan regulasi di bidang ketenagakerjaan, inovasi dalam pembinaan dan pengawasan, serta pelayanan K3.

Semua upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengurus perusahaan dan pekerja tentang manfaat pelaksanaan K3, yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Baca Juga: TRAILER Ikatan Cinta 18 Juli 2023: Fix, Aldebaran Pergi ke Ceko, Mama Rosa Beri Izin tapi dengan Syarat Ini

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x