Badega Konservasi DLH : Kegiatan Ini Merupakan Upaya Mengedukasi Pemuda agar Peduli Lingkungan

- 16 Agustus 2020, 20:07 WIB
Relawan Peduli Lingkungan saat membentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 75 Meter, di Sungai Cikijing, Minggu 16 Agutus 2020/
Relawan Peduli Lingkungan saat membentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 75 Meter, di Sungai Cikijing, Minggu 16 Agutus 2020/ //doc. Badega Lingkungan

POTENSI BISNIS - Sejumlah komunitas peduli lingkungan dan lembaga lain di antaranya seperti Badega Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Rescue 512, Satuan Tugas Citarum Harum, Pasukan Susur Sungai dan Ekosistem Rancaekek (Passer), Juru Sungan BBWSC, Crisis Manajemen Team (CMT) Telkom dan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Pasibraka) Kecamatan Rancaekek.

Sebanyak 50 relawan dari berbagai unsur komunitas peduli lingkungan membentangkan bendera merah putih sepanjang 75 meter, di aliran Sungai Cikijing Kampung Tanggeung Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, pada Minggu 16 Agustus 2020.

Kali pertama kegiatan tersebut dilaksanakan para relawan itu hingga menjadi perhatian warga sekitar. Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI yang akan jatuh pada Senin 17 Agustus 2020 mendatang.

Baca Juga: Live Streaming Upacara Peringatan HUT ke-75 RI dari Istana Negara, Bisa Cek Link di Sini

Sebelum bendera itu mereka bentangkan dan dikibarkan, sejumlah relawan membawa bendera merah putih itu di atas perahu karet. Prosesi pengibaran bendera merah putih yang diharapkan dapat memecahkan rekor MURI tersebut berlangsung khidmat.

Badega Konservasi Zona 3,4 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Jajang Mahmudin mengatakan, bahwa salah satu tugas dari Badega adalah mengedukasi para pemuda/pemudi, yang selama ini hanya sebatas ceremonial.

"Kami membantu komunitas untuk berkesinambungan menjaga alam ini, baik hutan, sungai dan pemukiman," ujarnya, memberikan keterangan lewat Whatsapp, Minggu 16 Agustus 2020 usai kegiatan tersebut.

Sudah hampir 5 bulan kebelakang, tambahnya, Badega lingkungan ini mengedukasi pada pemuda supaya giat di lingkungan.

"Salah satunya dengan acara ini, mereka diajak untuk membentangkan bendera di Sungai Cikijing. Selanjutnya, akan diawali pada Juli mendatang kegiatan sekolah water recue, lalu September pun akan ada kegiatan pengolahan lahan di bantaran Sungai Cikijing," kata Jajang.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x