Melukis Wajah Tokoh Proklamator, Demo Speed Painting di Rumah Sejarah Rengasdengklok

- 13 Agustus 2020, 16:51 WIB
Proses speed painting oleh Eggy di Rumah Sejarah Rengasdengklok/
Proses speed painting oleh Eggy di Rumah Sejarah Rengasdengklok/ /

POTENSI BISNIS - Terhitung hanya beberapa hari lagi Bangsa Indonesia akan merayakan hari ulang tahun (HUT) RI yang ke 75 tahun. Perhelatan akbar yang selalu diadakan setiap tanggal 17 Agustus ini merupakan agenda penting Bangsa Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaannya.

Pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya selalu diadakan upacara peringatan disusul dengan berbagai perayaan sebagai gambaran suka cita masyarakat dan untuk memperingati perjuangan para pahlawan. Banyak ragam perayaan yang digelar mesyarakat, seperti perlombaan, festival, pagelaran dan masih banyak lagi.

Sebagaimana dilansir PotensiBisnis.com dari release yang diterima pada tanggal 13/8/2020, pegiat seni rupa dan kebudayaan Eggy Yunaedi memilih menggelar pertunjukan seni rupa di Rumah Sejarah Rengasdengklok untuk memperingati hari proklamasi kemerdekaan.

Baca Juga: Jelang Hari Kemerdekaan ke-75 RI, Penjual Pernak-pernik Agustusan Padati Jl Harun Kabir, Sukabumi

Rumah Sejarah Rengasdengklok sengaja dipilih oleh Eggy untuk mengenang peristiwa penting berkaitan sejarah proklamasi kemerdekaan. Peristiwa tersebut yakni penculikan Bung Karno dan Hatta oleh para pemuda pada tanggal 16 Agustus 1945 untuk mendesak secepatnya menyatakan proklamasi kemerdekaan.

Eggy mampu menyelesaikan lukisan Soekarno dan Hatta pada 2 panel terpisah berukuran 70x100 cm hanya dalam waktu 33 menit saja. Selain itu, cara melukisnya juga unik, yakni dibuat dalam posisi terbalik.

Eggy Menyebutkan, bahwa cara melukis seperti ini memiliki makna sebagai simbol kelahiran.

"Laksana bayi dengan posisi terbalik di dalam rahim sesaat akan lahir, lukisan ini pun dibuat dengan posisi terbalik. Lukisan diputar setelah selesai, kemudian nampaklah wajah kedua proklamator." Ujar Eggy.

Baca Juga: Kado Spesial di Hari Kemerdekaan untuk UMKM, BUMN Luncurkan Program PaDi

Halaman:

Editor: Abdul Mugni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x