Berpotensi Longsor, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Waspada Pasca Gempa di Garut

- 29 April 2024, 10:12 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dr. Ir. Dwikorita Karnawati baju biru di dampingi kepala pelaksana bpbd dan pjs bupati garut
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dr. Ir. Dwikorita Karnawati baju biru di dampingi kepala pelaksana bpbd dan pjs bupati garut /Roni hidayat/prianganinsider.com/

POTENSI BISNIS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi longsor pasca-gempa yang terjadi di Garut, Jawa Barat.

Daerah yang berpotensi terkena bencana tersebut meliputi Sukabumi, Tasikmalaya, Bandung, dan Garut.

Baca Juga: Tak Hanya Anak-anak, Minyak Ikan Baik Dikonsumsi Orang Dewasa, Ini 5 Khasiatnya untuk Kesehatan

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, guncangan dari gempa Garut berpotensi menyebabkan retakan atau kerapuhan pada lereng-lereng. Hal ini dapat menjadi bahaya bagi penduduk yang tinggal di daerah perbukitan, lereng, atau sepanjang aliran sungai terutama saat turun hujan.

Dwikorita menyatakan kekhawatirannya bahwa air hujan yang meresap dapat menyebabkan tanah atau batuan longsor.

"Kami mengimbau untuk tenang, namun tetap waspada apabila turun hujan baik dengan intensitas sedang hingga lebat," ujarnya, dikutip dari RRI pada Senin, 29 April 2024.

Baca Juga: Polisi Kembali Amankan Artis Rio Reifan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

Gempa dengan magnitudo 6,2 telah mengguncang Garut pada Sabtu pekan sebelumnya. Dwikorita juga menyarankan agar masyarakat menjauhi bangunan yang mengalami keretakan atau kerusakan akibat guncangan gempa.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak tinggal di rumah yang mengalami kerusakan, baik itu rusak total, rusak sebagian, atau miring. Sebagai tindakan sementara, Dwikorita menyarankan agar masyarakat mencari tempat tinggal yang lebih aman.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x