Menhub dan Kang Emil Meninjau Pembangunan Pelabuhan Patimban, Dipastikan Beroperasi November 2020

- 11 Agustus 2020, 06:30 WIB
Ilustrasi: bentuk pelabuhan yang dipenuhi kontainer angkut barang/
Ilustrasi: bentuk pelabuhan yang dipenuhi kontainer angkut barang/ /pixabay/cegoh

POTENSI BISNIS - Subang akan memiliki pelabuhan baru yang disebut-sebut menjadi pelabuhan terbesar dan tercanggih di Indonesia. Pelabuhan tersebut dibangun di daerah Patimban, Kabupaten Subang. 

Pelabuhan Patimban dibangun diatas lahan seluas 300 hektar. Secara umum, Pelabuhan Patimban akan melayani muatan peti kemas yang akan diangkut oleh kapal-kapal besar. 

Dilansir PotensiBisnis.com dari Wartaekonomi.co.id Budi Karya Sumadi selaku Mentri Perhubungan (Menhub) menyebutkan bahwa Pelabuhan Patimban direncanakan menjadi pelabuhan tercanggih di Indonesia yang akan mulai beroperasi pada November tahun ini. Pelabuhan Patimban ini diperkirakan bisa menampung 7-15 Teus.

Baca Juga: Hari ini Presiden Jokowi Tinjau Langsung Pembuatan Vaksin Covid-19 di Bandung

Menhub meninjau langsung perkembangan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang kemarin, Minggu 9/8/2020.

“Oleh karenanya kita mempersiapkan dengan sebaik mungkin, untuk tahap pertama kita membangun dermaga yang mampu memuat kontainer 50 teus.” Ujar Budi.

Menhub menyebutkan bahwa kapasitas tersebut disesuaikan dengan aktivitas harian Pelabuhan tersebut. Menhub juga berharap kedepannya aka nada 1-2 kapal yang akan berlabuh di Pelabuhan Patimban.

“Hal ini karena kita merencanakan akan beroperasi di awal bulan November 2020.” Lanjut Budi.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat, Kang Emil memastikan ekspor-impor dapat dilalukan mulai bulan November tahun ini. Sekalipun pembangunan Pelabuhan Patimban sempat terhambat karena adanya Covid-19.

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x