Pertanian Terbukti Mampu Bertahan dalam Kondisi Krisis, Menko Perekonomian : Kita Dukung Terus

- 11 Agustus 2020, 05:53 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto /ekon.go.id

POTENSI BINIS - Kondisi Perekonomian yang minus di kuartal ke II membuat khawatir semua pihak. Ancaman resesi ekonomi pun sudah terlihat jika ekonomi indonesia masih minus di kuartal ke III.

Berbagai upaya dilakukan guna bangkitnya ekonomi di Indonesia. Dalam Acara Launching Gelar Buah Nusantara (GBN) ke-5, Senin 10 Agustus 2020 Menteri Koordinator bidang perekonomian, Airlangga Hartarto memberikan apresiasi kepada para petani.

Kontribusi yang besar dari sektor pertanian terhadap pemulihan ekonomi nasional terbukti sektor ini mampu bertahan dan bisa mendongkrak perekonomian di tengah pandemi Covid-19 melanda.

Baca Juga: Setiawan Wangsaatmaja: Perlu Sinergi dan Kolaborasi Semua Pihak tuk Pulihkan Ekonomi Jabar

Dikutip PotensiBisnis.com dari WartaEkonomi.com, Lebih lanjut Airlangga menjelaskan bahwa Potensi hortikultura menjadi nilai lebih karena memiliki potensi untuk bisa ekspor dan tentu pemerintahan melalui bidang perekonomian akan terus mendorong guna pengembangan lebih lanjut.

"Hortikultura menjadi andalan disebabkan potensi ekspornya cukup bagus dan tentunya kita akan dorong terus, terutama pengembangan kawasan industri hortikultura," katanya.

Airlangga melihat, ekspor buah-buahan Indonesia naik 73,4 persen. Hasil tersebut, kata dia, merupakan sinyal bahwa sektor pertanian dan perkebunan mempunyai tingkat survival yang cukup kuat di tengah kondisi apapun termasuk dalam kondisi krisis.

Baca Juga: PT Pertani Bekerjasama dengan TaniHub untuk Meningkatkan Penjual Beras

"Sektor ini mempunyai domestik market yang besar dan saat ini kawasan pisang cavendish ini sudah berkembang di Lampung, Tanggamus, Jembrana Bali, Blitar, dan Aceh. Hingga saat ini terus mengalami perkembangan hingga ke Bondowoso dan Banyuwangi, lalu di 16 lokasi lainya di Jawa Timur dan Sumatera," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x