Banjir Landa Kawasan Kota Lama Semarang, Menteri PUPR: Curah Hujan Ekstrem

- 6 Februari 2021, 20:20 WIB
Banjir di Semarang/
Banjir di Semarang/ /PMJ News

POTENSIBISNIS.COM - Semarang dilanda banjir, salah satu wilayah yang terdampak yakni Kawasan Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah. Banjir terjadi setelah Semarang diguyur hujan sejak Jumat 5 Februari 2021 hingga Sabtu ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono meninjau banjir di kawasan Kota Lama dan sejumlah lokasi banjir di Kota Semarang hari ini.

Ia menyebutkan bahwa banjir yang melanda kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah akibat curah hujan tinggi yang sudah masuk dalam kategori ekstrem.

Baca Juga: Spoiler Drama Korea Mr. Queen Episode 17: Uwuuu.. Cheoljong Ajak Kim So Yong Kencan Romantis

“Data curah hujan termasuk ekstrem. Dari hitungan hidrologi, periode ulangnya setiap 50 tahun,” ujar Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, dikutip PotensiBisnis.com dari ANTARA, Sabtu 6 Februari 2021.

Menurut Basoeki, drainase di Kawasan Kota Lama yang sudah selesai direvitalisasi tersebut sudah didesain untuk mencegah banjir. Saat ini sudah tiga pompa air yang dioperasikan untuk memompa air ke Kali Semarang.

Basoeki menambahkan, selain curah hujan yang ekstrem penyebab banjir di wilayah lain di Kota Semarang juga diakibatkan pasang air laut yang cukup tinggi.

Baca Juga: Ribuan Orang Turun ke Jalan Mengecam Kudeta Militer Myanmar dan Menuntut Pembebasan Aung San Suu Kyi

Ia menyebutkan peran pompa air dalam upaya menangani banjir Semarang ini cukup menentukan.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x