Presiden Lakukan Vaksinasi perdana COVID-19 Besok Pagi , Begini Hasil BPOM

- 12 Januari 2021, 16:30 WIB
Presiden RI Jokowi.
Presiden RI Jokowi. /pri/ANTARA

POTENSIBISNIS.COM - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan menjalani vaksinasi perdana COVID-19 pada Rabu 13 Januari 2021, pagi hari.

Sementara itu, Kepala BPOM Penny K Lukito dalam jumpa pers daring yang dipantau dari Jakarta menjelaskan bahwa CoronaVac sebagai vaksin COVID 19 produksi perusahaan Sinovac resmi mendapatkan izin penggunaan darurat atau EUA dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, Senin, 11 Januari 2021.

"Vaksin CoronaVac memenuhi persyaratan mendapatkan EUA," ujar Kepala BPOM, dikutip PotensiBisnis.com dari laman ANTARA, Selasa, 12 Januari 2021.

Baca Juga: Kominfo Minta WhatsApp dan Facebook Terapkan Prinsip Perlindungan Data Pribadi

Ia mengatakan dalam memutuskan pemberian otorisasi darurat itu BPOM mempertimbangkan hasil uji klinik di Indonesia, Brazil dan Turki, yang menunjukkan antivirus SARS-CoV-2 itu memiliki keamanan dan kemanjuran (efikasi) menangkal COVID 19.

Selain itu, menurut Penny K lukito bahwa vaksin Sinovac tersebut memenuhi standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk bisa mendapatkan izin EUA dengan tingkat efikasi minimal 50 persen.

Sementara dari uji klinik di Bandung yang dilakukan Biofarma dan Sinovac, efikasi CoronaVac itu mencapai 65,3 persen. Selanjutnya, uji klinis di Turki efikasi Sinovac mencapai 91 persen dan Brazil 78 persen.

Baca Juga: Masuki Hari ke-4, Tim SAR Perluas Areal Pemantauan Udara Pencarian Sriwijaya Air

Di sisi lain Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan keputusan fatwa kehalalan CoronaVac yaitu vaksin COVID-19 produksi Sinovac, China, seiring terbitnya otorisasi keamanan dan manfaat antivirus SARSCoV-2 tersebut.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x