Momentum Peringatan Hari Buruh, Ketua DPR Ingatkan Soal Perlindungan dan Keadilan

- 1 Mei 2024, 10:57 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. Momentum Peringatan Hari Buruh, Ketua DPR Ingatkan Soal Perlindungan dan Keadilan
Ketua DPR RI Puan Maharani. Momentum Peringatan Hari Buruh, Ketua DPR Ingatkan Soal Perlindungan dan Keadilan /DPR RI/Mu/Andri/

POTENSI BISNIS - Ketua DPR RI, Puan Maharani menekankan urgensi perlindungan dan keadilan bagi seluruh kategori pekerja pada Hari Buruh Internasional (May Day) 2024 yang dirayakan setiap tanggal 1 Mei 2024.

“Perlindungan dan keadilan bagi buruh harus menjadi perhatian kita bersama. Karena buruh atau pekerja memiliki peran besar untuk negara. Bukan hanya sebagai penggerak ekonomi, buruh juga merupakan pelaku utama pembangunan,” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, 1 Mei 2024.

Baca Juga: Akibat Terjadinya Erupsi Gunung Ruang, Tujuh Daftar Bandara Ini Ditutup Sementara

Puan Maharani menganggap bahwa menjaga keamanan dan hak-hak buruh merupakan suatu hal yang sangat krusial di tengah tantangan global saat ini, seperti pertumbuhan angka pengangguran yang semakin mengkhawatirkan.

“Untuk menyelesaikan pengangguran di Indonesia yang masih cukup tinggi perlu kerja bersama seluruh stakeholders terkait, terutama pemerintah. Jika tidak ada perbaikan, jumlah pengangguran yang terus meningkat dapat menjadi masalah pembangunan yang serius,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan jumlah pengangguran secara keseluruhan disebabkan oleh ketidakmampuan pertumbuhan peluang kerja untuk menyeimbangkan pertumbuhan jumlah angkatan kerja yang terus meningkat.

“Maka pembangunan lapangan pekerjaan yang semakin luas adalah sebuah keniscayaan demi melindungi buruh atau pekerja,” ucapnya.

Baca Juga: Kasus DBD di Jawa Barat Meningkat Tajam, Diduga Kaitannya dengan El Nino dan La Nina

Puan menilai bahwa upaya perlindungan terhadap buruh dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial yang terus berkembang.

Halaman:

Editor: Sihab Ulumudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah