BMKG Memastikan Alat Monitor Gempa Bumi dan Tsunami di Beberapa Daerah Terjaga dengan Baik

- 5 Desember 2020, 09:39 WIB
BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 7 Meter di Wilayah Ini, Jangan Ke Pantai Dulu
BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 7 Meter di Wilayah Ini, Jangan Ke Pantai Dulu /BMKG


POTENSIBISNIS - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan alat monitor gempa bumi dan tsunami di beberapa daerah terjaga dan menghasilkan data yang akurat sebagai upaya mendukung mitigasi bencana.

Hal tersebut disampaikan, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang menyebutkan juga beberapa fasilitas monitoring gempa bumi dan tsunami di beberapa daerah sudah dicek, di antaranya, di Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, Papua, Maluku, Sulawesi, NTT, NTB, Jatim, Jabar serta wilayah-wilayah di Sumatera dan sebagainya.

"Alhamdulillah, meskipun batas waktu penggunaannya rata-rata hanya 10 tahun, sensor-sensor tersebut masih beroperasi dengan baik hingga saat ini, dan selalui dikalibrasi secara rutin," kata Dwikorita dalam keterangannya di Jakarta, pada Sabtu 5 Desember 2020.

Baca Juga: Berikut Tahapan dan Cara Budidaya Ikan Cupang yang Dilakukan bagi Pemula

Baca Juga: Puaskan Rasa Ngidam dari Kota-Kota Asia Favorit

Pengecekan alat, kata dia, seiring dengan kegiatan kalibrasi terhadap sensor-sensor seismograf, akselerometer, serta intensitymeter yang telah terpasang dan beroperasi sejal 2009.

Rangkaian perangkat itu berfungsi untuk merekam sinyal gemp bumi dama sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (Indonesia Tsunami Early Warning System) InaTEWS.

Untuk pengamatan yang semakin luas dan akurat, lanjutnya, sebanyak 39 titik di berbagai lokasi di Indonesia segera memiliki alat sesimograf.

Baca Juga: Waspada! BMKG Imbau Gelombang 7 Meter Berpotensi Terjadi di Beberapa Wilayah Ini

Dalam kurun 2008 hingga 2018, peringatan dini tsunami disebarkan BMKG ke tengah masyarakat melalui BNPB dan BPBD dengan kecepatan 5 menit setelah guncangan gempa terekam seismograf.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x