BNPB: Skenario Terburuk Letusan Gunung Merapi akan Berdampak ke Empat Wilayah Ini

- 16 November 2020, 12:06 WIB
Suara Gemuruh Muncul Dari Gunung Merapi Sebanyak Enam Kali, PMI Mengantisipasikan Untuk Bersiaga
Suara Gemuruh Muncul Dari Gunung Merapi Sebanyak Enam Kali, PMI Mengantisipasikan Untuk Bersiaga /

POTENSIBISNIS - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dukungan penanganan darurat di empat wilayah yang berpotensi terdampak letusan Gunung Merapi berupa bantuan logistik dan sumber daya.

Kepala Pusat Data Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, sejumlah personel diturunkan untuk memberikan pendampingan kepada badan penganggulangan bencana daerah di empat kabupaten berupa pengorganisasian pos komando.

"Pekan lalu, BNPB telah menyalurkan 100.000 masker di empat kabupaten yaitu, Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali, dengan masing-masing 25.000 masker, BNPB juga mengirimkan lampu air garam 216 buah untuk penerangan darurat," kata Radit di Jakarta pada Senin 16 November 2020.

Baca Juga: Mahluk Ini Jadi Pertanda Datangnya Letusan Gunung Merapi, Waspada Jika Menemukan

Baca Juga: Tegas! Habib Jindan Murka Kritik Pedas Ulama yang Gunakan Maulid untuk Orasi Politik, Sindir Siapa?

Tak hanya itu, BNPB juga terus berkordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL), BPBD, dan kelompok sukarelawan dalam kesiapsiagaan hadapi kemungkinan letusan Gunung Merapi.

"Latihan di atas meja sedang dipersiapakan dengan melibatkan pemerintah daerah, baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Latihan akan dilakukan pada 17 November 2020 hingga 19 November 2020 di Yogyakarta," ujarnya.

Raditya pun mengatakan, latihan di atas meja bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan terkait sistem penanggulangan kedaruratan bencanan, yang melibatkan multipihak dalam mengantisipasi dampak skenario terburuk letusan Gunung Merapi.

Baca Juga: Waspada Mahluk Gunung Merapi Turun dan Masuk Rumah Anda! Lakukan Hal Ini Sekarang

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x