Semangat Kewirausahaan Bagi Generasi Muda Dalam Perkembangan Teknologi

- 4 November 2020, 17:23 WIB
Generasi muda Wirausaha teknologi
Generasi muda Wirausaha teknologi /PIXABAY/kaboompics

 

POTENSIBISNIS - Generasi muda merupakan aset penting bagi suatu Negara, karena gererasi mudalah yang akan meneruskan perjuangan serta menentukan keberhasilan suatu negara.

Selain itu generasi muda akan menjadi penerus untuk menciptakan lapangan pekerjaan baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Menurut Organisasi Pekerjaan Internasional (ILO) bahwa sebagian besar dari jumlah pengangguran Indonesia adalah lulusan perguruan tinggi sampai saat ini.

Sebagaimana ikutip PotensiBisnis.com dari buku Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbaiss Teknologi (Technopreneurship) di Provinsi Gorontalo. Trikonomika . karya H. Mopangga, dan dari buku Ciputra Quantum Leap Enterpreneurship : Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda (edisi ke-4) Karya Ciputra.

Baca Juga: Pengusaha Travel Umrah Keluhkan Proses Karantina, Minta Kebijakan Ditinjau

Seiring berkembangnya zaman maka akan semakin menambah jumlah populasi manusia di Indonesia dan akan semakin tinggi pula jumlah pengangguran pada usia produktif. Kondisi ini semakin buruk terutama saat adanya Pandemi Covid-19 yang menyebabkan semakin terbatasnya kesempatan kerja.

Oleh karena itu, sebagai generasi muda yang masih memiliki semangat dan ambisi yang tinggi serta fisik yang menunjang dan berpendidikan jangan hanya mencari pekerjaan, akan tetapi harus mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha.

Penciptaan wirausaha dapat menjadi salah satu alternatif solusi atas berbagai masalah seperti halnya kemiskinan, kesenjangan sosial dan meningkatnya pengangguran pada usia produktif, sehingga hal ini menuntut adanya tindakan yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga: Potensi Bisnis: Arang Kayu Subang 'Terbang' ke Arab Saudi

Jiwa kewirausahaan haruslah ditanamkan sejak dini tetapi bukan hanya sebatas kecerdasan akademik dan keterampilan menghasilkan produk tetapi juga jiwa dinamis dalam menangkap tantangan dan resiko kemudian mengubahnya menjadi peluang dan potensi pertumbuhan.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x