Perselisihan Jokowi dan PDIP Diamati Dunia: Kisah Manis Pengusaha Mebel dan Partai Banteng

- 24 Mei 2024, 15:30 WIB
Jokowi Bakal Tidak Hadir dalam Rakernas V PDI P di Ancol
Jokowi Bakal Tidak Hadir dalam Rakernas V PDI P di Ancol /Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pe/

POTENSI BISNIS - Penolakan PDIP terhadap kehadiran Presiden Jokowi dalam Rakernas V yang diadakan di Beach City, Ancol, Jakarta Utara pada 24-26 Mei 2024, menjadi sorotan dunia internasional. Ketegangan antara Presiden Indonesia dan mantan partainya kini semakin nyata.

Partai terbesar di Indonesia tersebut telah mengkonfirmasi bahwa Jokowi tidak akan diundang ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dimulai pada hari Jumat, 24 Mei 2024.

Jokowi, yang dulunya adalah kader PDIP, kini telah dianggap tidak lagi menjadi anggota setelah gagal mendukung Ganjar Pranowo, calon presiden yang diusung partainya dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: DOR! Anggun Tertembak Saat akan Bantu Pelarian Ghani, Kakak Nuna Meregang Nyawa, Cinta Tanpa Karena

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menjelaskan bahwa undangan hanya diberikan kepada individu yang berkomitmen untuk menegakkan demokrasi dan supremasi hukum di Indonesia.

"Mereka yang diundang adalah mereka yang memiliki semangat untuk menegakkan demokrasi dan supremasi hukum... yang berdaulat untuk rakyat," ucapnya.

Sejarah PDIP dan Jokowi

Konflik yang memanas antara Jokowi dan PDIP ini tidak hanya menarik perhatian dalam negeri, tetapi juga dunia internasional.

Media Singapura, Channel News Asia (CNA), mengupas kembali sejarah hubungan antara Jokowi dan PDIP yang dulunya harmonis.

Halaman:

Editor: Mutia Tresna Syabania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah