Ridwan Kamil Unggul dalam Survei sebagai Calon Gubernur Jawa Barat Paling Pantas

- 11 Juni 2024, 09:30 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. /Dok. Humas Pemprov Jabar/

POTENSI BISNIS – Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) yang dirilis pada 9 Mei 2024 menunjukkan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat (Jabar) paling pantas menurut responden, dengan dukungan sebesar 39,5 persen.

Survei ini dilakukan di delapan provinsi di Indonesia, termasuk Jabar, dengan melibatkan 7.864 responden, di mana 1.172 di antaranya berasal dari Jabar.

Survei yang dilakukan dari 3 hingga 9 Mei 2024 ini mengungkapkan bahwa mayoritas responden di Jabar, sebesar 62,3 persen, mengetahui bahwa Pilkada Serentak 2024 akan berlangsung pada 27 November 2024.

Baca Juga: Adik Mantan Menteri Pertanian Diperiksa KPK Terkait TPPU, Aset Mewah Disita

Sebagian besar responden, lebih dari 90 persen, menyatakan akan menggunakan hak suaranya pada hari tersebut, dengan partisipasi perempuan (95,6 persen) sedikit lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Usia 44-59 tahun menunjukkan partisipasi tertinggi (96,1 persen).

Dalam pertanyaan tentang siapa yang paling pantas menjadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, yang menjabat sebagai Gubernur Jabar periode 2018-2023, mendapat dukungan terbanyak.

Ia diikuti oleh Dedi Mulyadi dan Alfiansyah Komeng di posisi kedua dan ketiga. Menariknya, Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil, juga masuk dalam 10 besar dengan 3,2 persen, berada di bawah Deddy Mizwar dan Bima Arya yang menempati posisi keempat dan kelima.

Nama-nama lain yang dipilih termasuk Uu Ruzhanul Ulum, Dede Yusuf, Dudung Abdurrahman, dan Desy Ratnasari.

Kinerja Ridwan Kamil selama menjabat sebagai gubernur dinilai memuaskan oleh 88,3 persen responden, dengan 30 persen sangat puas dan 58,3 persen cukup puas.

Halaman:

Editor: Mutia Tresna Syabania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah