Penderita Sakit Jantung Paling Beresiko Apabila Terinfeksi Covid-19, Beikut Pernyataan Lebih Lanjutn

- 4 Oktober 2020, 03:47 WIB
Ilustrasi: penderita sakit jantung/
Ilustrasi: penderita sakit jantung/ /PIXABAY/mohamed_hassan


POTENSI BISNIS – Para penderita jantung merupakan kelompok paling beresiko apabila terpapar Covid-19. Hal itu disampaikan oleh dr. Fitriani Suciati Laitupa, Sp.Jp seorang dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Virus Covid-19 dapat menyerang saluran pernapasan, paru-patu dan jantung. Dilansir PotensiBisnis.com dari laman antaranews.com hal tersebut disampaikan langsung dr. Fitriani di Tulungagung, pada hari Sabtu, 2 Oktober 2020.

“Virus ini menyerang saluran pernapasan manusia, kemudian ke paru-paru lalu ke jantung. Terlebih pada orang tua di usia lanjut atau pada orang yang memiliki penyakit bawaan terlalu beresiko.” Ujarnya.

Baca Juga: Viral, Video Seorang Ibu Marah-marah Uang Wisuda Online Rp3 Juta Tak Sepadan dengan Apa yang Didapat

Virus Covid-19 ini akan mudah masuk ketika jantung sudah bermasalah. Virus akan masuk ke bagian saluran saraf jantung sehingga menjadi ketidakstabilan pada fungsi jantung. Sehingga penderita jantung akan sangat beresiko apabila terpapar Covid-19.

“Di era pandemi Covid-19 ini sangat beresiko bagi penderita penyakit jantung. Oleh karena itu sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan jantung.” Lanjutnya.

Ketika seseorang penderita jantung terinfeksi Covid-19, dr. Fitriani menuturkan akan terjadinya suatu resiko yang fatal. Terdapat 3 pemburukan kondisi organ jantung yang dapat terjadi yakni:

Baca Juga: Ibadah Umrah Resmi Dibuka Kembali, Namun 3 Negara Ini Haram Mengikuti Umrah di Tengah Pandemi

Pertama, virus akan menginfeksi jantung dan mempengaruhi fungsi jantung shingga harus bekerja lebih keras, detak jantung pun akan menjadi lebih cepat. Kedua virus akan merusak sel otot jantung.

Dalam kondisi seperti ini akan menyebabkan peradangan pada jantung. Sistem kelistrikan Jantung juga akan terganggu sehingga lebih sulit memompa darah dan irama detak jantung menjadi tidak normal.

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x