Fakta Menarik : Benarkah Jika Ikan Oarfish Menandakan akan Adanya Gempa dan Tsunami, Simak Berikut

- 30 September 2020, 23:06 WIB
Kemunculan Oarfish manjadi pertanda datangnya gempa dan tsunami
Kemunculan Oarfish manjadi pertanda datangnya gempa dan tsunami /Instagram.com/@dispate/Instagram

POTENSI BISNIS - Beredar informasi hasil riset ITB akan terjadi sebuah tsunami 20 meter di Selatan Pulau Jawa. Hal ini menggempar publik hingga membuat cemas tentang kabar tsunami besar yang akan melanda beberapa kawasan pesisir selatan Jawa.

Dan itu pun baru analisa yang pasti kejadianya tak akan pernah diketahui kapannya. Bahkan sekarang media mulai gencar memberikan informasi tentang apa saja pertanda yang mampu mendeteksi akan adanya tsunami.

Salah satunya ialah kemunculan ikan Oarfish sebagai pertanda akan adanya gempa dan Tsunami.

Baca Juga: Simak Solusi agar Bisa Mendapatkan Seritifikat Prakerja, Maka Insentif Segera Cair

Fenomena ini masih pro kontra, tentang ikan Oarfish rupanya bukan kali ini saja di akhir tahun 2019 jagad media pernah di hebohkan dengan penemuan ikan oarfish di Kepulauan Selayar sebagai pertanda gempa dan tsunami, namun hal tersebut tidak terjadi.

Jejak di gital dari beberpa media pun masih bisa dikunjungi terkait hal tersebut, dan pernah di bahas oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan membantah munculnya ikan laut dalam oarfish di Kepulauan Selayar sebagai pertanda akan terjadinya gempa besar dan tsunami.

Ikan oarfish adalah ikan yang tinggal di dasar laut, sehingga jarang muncul ke permukaan. Hasil kajian statistik terbaru pada waktu itu mengungkap bahwa jenis ikan laut dalam seperti oarfish yang muncul di perairan dangkal tidak berarti bahwa gempa akan segera datang.

Baca Juga: Waspada! Jika Melihat Tanda-tanda Alam Berikut Segera Jauhi Bibir Pantai dan Cari Lokasi Aman

Mitos ikan Oarfish ini tidak terlepas dari legenda di Jepang dulu yang konon katanya Oarfish sebagai pembawa pesan dari dasar laut.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x