Terkait Riset ITB Sebelumnya, BMKG Sebut Potensi Tsunami Bisa Terjadi di Beberapa Wilayah Lainnya.

- 27 September 2020, 20:25 WIB
Ilustrasi: Tsunami dan gelombang besar di lepas pantai/
Ilustrasi: Tsunami dan gelombang besar di lepas pantai/ /PIXABAY/rolandmey

POTENSI BISNIS – Sebelumnya sempat di sampaikan hasil riset ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menyatakan adanya potensi tsunami 20 meter di selatan pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Sri Widiantoro seorang Guru Besar bidang Seismolog ITB. Sri mengatakan, hasil riset tersebut menggunakan data gempa dari katalog BMKG dan katalog International Seismological Center (ISC).

Pada periode bulan April 2009 sampai bulan November 2018, ditunjukan adanya zona memanjang di antara pantai selatan Pulau Jawa dan Palung Jawa yang hanya memiliki sedikit aktivitas kegempaan. Sebelumnya hal ini juga telah diberitakan dari laman PotensiBisnsi.com.

Baca Juga: BMKG: Pergerakan Lempeng Tektonik Cukup Aktif, Potensi Gempa Hingga Menimbulkan Tsunami

“Tinggi tsunami dapat mencapai 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur,” Ujar Sri.

Sedangkan Rahmat Triyono selaku Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, wilayah geografis Indonesia yang memiliki banyak daerah pertemuan lempeng. Hal ini bisa saja membuat potensi tsunami yang dapat terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Triyono menuturkan, terkait adanya potensi tsunami mencapai 20 meter di wilayah selatan Pulau Jawa, hal itu disebabkan adanya pergerakan lempeng tektonik yang cukup aktif di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia.

Baca Juga: Tsunami Jawa 20 Meter, Daerah Mana Saja yang Berpotensi Pangandaran dan Pelabuhan Ratu Termasuk

Potensi tsunami itu bisa juga terjadi di sepanjang daerah pertemuan lempeng tektonik, mulai dari Laut Andaman di bagian Tenggara Pulau Sumatera, di Simeulue, Nias, Mentawai, Enggano hingga ke bagian selatan Jawa sampai ke Nusa Tenggara

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: Potensi Bisnis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x