Viral Surat Suara Tercoblos pada Capres Ganjar di Taiwan, Bawaslu Langsung Selidiki

- 21 Januari 2024, 07:03 WIB
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah menelusuri surat suara yang diduga sudah tercoblos terlebih dahulu di Taipei, Taiwan.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah menelusuri surat suara yang diduga sudah tercoblos terlebih dahulu di Taipei, Taiwan. /Pikiran Rakyat.com/

POTENSI BISNIS - Bawaslu RI melakukan penyelidikan terhadap surat suara di Taiwan yang sudah dicoblos untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

"Berdasarkan keterangan dari Panwaslu Taipei, memang ada 3 pemilih (metode pos) yang memberi informasi kepada Panwaslu Taipei bahwa mereka menerima surat suara tersebut dalam keadaan telah tercoblos," jelas Anggota Bawaslu RI Puadi saat dikonfirmasi, Sabtu, 20 Januari 2024.

"Saat ini Panwaslu Taipei sedang melakukan penelusuran atas kebenaran informasi tersebut," imbuhnya.

Baca Juga: Sinopsis Cinta Tanpa Karena 20 Januari 2024: Nuna Tanya Anggun Ada Hubungan Apa dengan Ghani, Begini Jawabnya

Lebih jauh, Puadi menyatakan bahwa Panwaslu Taipei sedang melakukan verifikasi rekaman CCTV di beberapa tempat. Selain itu, Panwaslu juga sedang meminta keterangan dari para pemilih.

"Tindakan yang dilakukan dengan cara mengonfirmasi kepada pemilih, akan melakukan pengecekan CCTV di pabrik tempat kerja pemilih dan CCTV milik PPLN di lokasi kerja KPPSLN Pos," tuturnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah 100 juta yang Wajib Anda Pertimbangkan

Tidak hanya itu, demikian Puadi melanjutkan, pihaknya juga mendapat dua laporan yang serupa. Selanjutnya, Bawaslu RI akan melakukan evaluasi untuk menetapkan kriteria laporan.

"Bawaslu pusat juga menerima dua laporan atas peristiwa yang sama. Laporoan ini akan dilakukan kajian awal dalam waktu 2 hari kerja ke depan untuk menentukan keterpenuhan syarat laporan," tukasnya.***

Editor: Sihab Ulumudin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x