BPBD Pangandaran Kerahkan Seluruh Personel untuk Menangani Daerah Terdampak Banjir

- 8 Juli 2023, 21:00 WIB
Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Pangandaran pada Sabtu, 8 Juli 2023.
Banjir masih menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Pangandaran pada Sabtu, 8 Juli 2023. /Dok. Acep Provider Citumang /

POTENSI BISNIS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran di Provinsi Jawa Barat telah menurunkan personel untuk menangani dampak banjir yang masih melanda beberapa bagian wilayah Pangandaran hingga malam Jumat 7 Juli 2023.

Menurut Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Tim Reaksi Cepat BPBD Pangandaran sudah berada di lokasi banjir untuk melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan pemerintah desa serta kecamatan dalam penanganan dampak banjir.

Dalam siaran pers BNPB di Jakarta, Abdul Muhari mengatakan semua personel sudah dikerahkan untuk membersihkan sampah akibat terbawa banjir.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Ceker Ayam, Satu di Antaranya Mencegah Osteoporosis

"Para personel BPBD, dinas terkait, dan warga juga bergotong royong untuk membersihkan sampah yang terbawa banjir maupun material longsoran." ujarnya sebagaimana dikutip dari Antara.

BNPB mengingatkan pemerintah daerah dan warga agar mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi basah seperti banjir dan tanah longsor saat terjadi hujan deras dalam waktu yang lama.

Abdul Muhari juga menambahkan pihaknya akan menentukan rute evakuasi dibantu oleh petugas.

"Apabila evakuasi diperlukan, pastikan langkah-langkah aman dilakukan, termasuk menentukan rute evakuasi yang tepat dengan bantuan petugas," Abdul Muhari.

BPBD melaporkan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang, yang terjadi sejak Kamis 6 Juli 2023, menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah Pangandaran.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x