Pemerintah Indonesia Kucurkan Biaya Rp1 Triliun untuk Penataan Kawasan Pura Besakih Bali

- 7 Agustus 2020, 13:05 WIB
Tangkapan layar - penampakan kawasan Pura Besakih, Bali tahun 2016/
Tangkapan layar - penampakan kawasan Pura Besakih, Bali tahun 2016/ /Youtube Cahnnel/jopajopa29

POTENSI BISNIS - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan melakukan penataan kawasan suci Pura Besakih di Bali.

Penataan kawasan komplek pura yang terletak di Desa Besakih itu merupakan tindak lanjut dari usulan Pemerintah Daerah (Pemda) Bali, yang telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kawasan tersebut adalah sebagai kawasan Cagar Budaya yang berada di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Baca Juga: 'Nombok' Risiko Nyata, Kreatif jadi Wajib untuk Pebisnis Hadapi Adaptasi Kebiasaan Baru

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pentaan kawasan Pura Besakih sudah dua tahun direncanakan Pemda Bali, yang kemudian dilaporkan kepada Bapak Presiden.

"Insya Allah, tahun 2021 bisa mulai kita kerjakan selama satuh tahun. Pekerjannya merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Pemerintah Pusat, karena pura ini merupakan salah satu aset nasional yang harus diperhatikan, bukan hanya aset Bali," kata Basuki pada Kamis 6 Agustus 2020 saat meninjau kawasan Pura Besakih, Bali. Dikutip PotensiBisnis.com dari lama WartaEkonomi.

Dia juga mengungkapkan, berdasarkan rencana akan ada sembilan item paker pekerjaan untuk penataan kawasan Pura Besakih dengan total estimasi biaya sekitar Rp1 triliun.

Baca Juga: Indef Menilai Bantuan Itu Bagi Pekerja Sektor Formal, Kelompok Buruh Miskin Tak Banyak ter-Cover

"Kami akan membangun kawasan parkir di Manis Mas seluas 52 ribu merer persegi, kemudian menata kawasan Becingah sekitar 12.287 meter persegi dan Manik Mas, totalnya sekitar Rp500 miliar," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x