Apakah Indonesia Bisa Melihat Gerhana Matahari Cincin? Catat, Ini Lokasi dan Waktu Terjadi Besok 10 Juni 2021

- 9 Juni 2021, 12:56 WIB
Ilustrasi: Gerhana Matahari Cincin, apakah bisa dilihat dari Indonesia? menurut LAPAN gerhana kali ini merupakan fenomena yang terjadi tepat fase bulan baru.*
Ilustrasi: Gerhana Matahari Cincin, apakah bisa dilihat dari Indonesia? menurut LAPAN gerhana kali ini merupakan fenomena yang terjadi tepat fase bulan baru.* /Pixabay/bdabney


POTENSI BISNIS - Gerhana Matahari Cincin akan terjadi besok Kamis, 10 Juni 2021.

Gerhana Matahari ini terjadi bilamana matahari, bulan dan bumi berada pada satu gari lurus.

Sehingga kondisi ini akan menyebabkan bayangan bulan jatuh pada bumi. Bulan yang berukuran sekitar 400 kali lebih kecil dari ukuran matahari dan berjarak sekitar 400 kali lebih dekat ke bumi.

Baca Juga: Siap-siap! Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok Kamis 10 Juni 2021, Berikut Rangkuman Faktanya

Hal tersebut, mengakibatkan ketika bumi, bulan dan matahari berada satu garis lurus, bukan akan tampak berukuran hampir sama dengan matahari.

Kondisi ini menyebabkan matahari tidak sepenuhnya tertutup oleh bulan dan menghasilkan cicin cahaya di sekitar bulan yang gelap.

Berdasarkan pernyataan NASA, Gerhana Matahari Cincin ini akan berlangsung pada 10 Juni 2021 dengan puncak terjadinya berlangsung selama 3 menit 51 detik.

Baca Juga: Gerhana Bulan Fenomena Super Blood Moon, BMKG Imbau Waspada dan Siaga Potensi Banjir Rob 3 M

Nah, apakah Indonesia bisa melihat Gerhana Matahari Cincin?

Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021 ini merupakan satu di antara fenomena 'cincin api' muncul di langit ketika bulan menutupi matahari.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x