BMKG Sampaikan Skenario Terburuk Gempa Megathrust Selatan Jatim, BPBD: 8 Kabupaten Berisiko Tinggi

- 4 Juni 2021, 16:02 WIB
Ilustrasi. Kepala Badan Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono beberkan soal kabar Pesisir Selatan Jatim berpotensi gempa 8.7 magnetudo hingga tsunami.*
Ilustrasi. Kepala Badan Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono beberkan soal kabar Pesisir Selatan Jatim berpotensi gempa 8.7 magnetudo hingga tsunami.* /REUTERS


POTENSI BISNIS - Berdasarkan hasil kajian tim ahli Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan potensi terburuk bencana tsunami setinggi 26-29 meter di perairan selatan Jawa Timur bikin geger masyarakat.

Hasil kajian tersebut pun disampaikan dala webinar Kajian Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di Jawa Timur pada Jumat, 28 Mei 2021 lalu.

Sehingga, ramai di media sosial terkait dengan informasi potensi gempa dan tsunami di wilayah lau selatan Jawa Timur tersebut.

Baca Juga: Waspada Gempa Susulan Malang Berada di Zona Megathrust, BMKG: Patut Disyukuri Tak Terjadi Tsunami

"Waktu tiba gelombang tsunami tercepat akan sampai di Kabupaten Blitar dengan waktu tempuh gelombang dari pusat gempa selamat 20-14 menit," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam webinar tersebut.

Dalam kesempatan itu, Dwikorita berbicara soal skenario terbutuk gempa bumi 8,7 magnitudo hingga genangan akibat tsunami setinggi 29 meter di sejumah wilayah di provinsi tersebut.

Menurut, Dwikorita ada beberapa hal yang pemda perlu persiapkan dalam menghadapi potensi bencana alam.

Baca Juga: Ancaman Potensi Gempa dan Tsunami Lebih 9 M Selatan Jawa, Ini Penjelasan LIPI

"Inilah yang kami jadikan skenario, kita ambil kemungkinan magnitudo tertinggi 8,7. Nah dan itu yang menjadi dasar skenario untuk memprediksi terjadinya tsunami, kapan terjadinya gelombang, sehingga kami melakukan pemetaan bahaya tsunami," kata Dwikorita.

Di sisi lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengatakan, ada 8 Kabupaten rawan tsunami dengan risiko tinggi.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x