Ancaman Potensi Gempa dan Tsunami Lebih 9 M Selatan Jawa, Ini Penjelasan LIPI

- 31 Januari 2021, 11:14 WIB
Ilustrasi Tsunami
Ilustrasi Tsunami /Eugen Buzuk/Pexels/

POTENSIBISNIS - Indonesia merupakan negara yang dikelilingi Cincin Api atau Lingkaran Api Pasifik (Ring of Fire) terbesar di dunia.

Dengan begitu, Indonesia dikenal menjadi suatu daerah yang sering mengalami gempa bumu, letusan gunung berapi, dan tsunami yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik.

Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi, Lembag Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto mengutarakan, potensi gempa besar yang bisa terjadi di atas 9 magnitudo, serta berpotensi tsunami di Selatan Pulau Jawa.

Baca Juga: Deretan Film Drama Korea di Februari Ini: River Where The Moon Rises hingga Mouse

"Bukti tsunami di selatan Jawa, sekitar 400 tahun lalu yang kami temuka di sungai Cikembulan Pangandaran. Tsunami ini cukup besar karena buktinya mulai Banten di Lebak sana sampai dengan Bali," kata Eko dalam diskusi Sapa Media Virtual, 'Masyarakat Siapa Bencana 2021' pada Jumat, 29 Januari 2021.

"Dan itu, menjadi bukti di selatan Jawa ada ancaman gempa dengan skala di atas 9 m yang bisa memicu tsunami," sambungnya.

Eko juga mengatakan, bahwa saat ini selatan Jawa hanya menyiapkan simpul-simpul perekonomian saja tanpa menghitung potensi terjadinya bencana gempa dan tsunami.

Baca Juga: Peringati Harlah NU ke-95, Jokowi: Perkuat Kehidupan Bangsa dengan Spirit Islam Nusantara

"Dan kita tahu sekarang pemerintah sudah menyiapkan selatan Jawa sebagai simpul-simpul perekonomian baru. Kemudian kita harus benar-benar memikirkan bagaimana ketika itu menjadi simpul perekonomian baru risiko tsunami-nya tetap dikendlikan, bisa tetap ditekan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x