BMKG Imbau Mewaspadai Gelombang Tinggi 6 Meter Berpotensi Terjadi di Selatan Jawa dan DIY

- 29 Januari 2021, 14:24 WIB
Ilustrasi gelombang
Ilustrasi gelombang /Gilang Kabar Banten/

POTENSIBISNIS - Kepala Kelompok Teknisi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geografis (BMKG) Stasiun Meteorologi Klimatologi Tunggul Cilacap, Teguh Wardoyo menyatakan, tinggi gelombang maksimum di laut selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan D I Yogyakarta.

Menurutnya, kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang laut khsusnya selatan Jabar, Jateng dan DIY, yang diperkirakan akan berlangsung hingga 31 Januari 2021.

"Saat ini, pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari barat-utara dengan kecepatan berkisar 5-30 knot," kata Teguh di Cilacap, Jateng pada Jumat, 29 Januari 2021 dikutip ANTARA.

Baca Juga: HyunA Rilis Lagu Baru, Berikut Lirik Lagu I’m Not Cool,

Baca Juga: Pemain Ikatan Cinta Imbau Para Penggemar untuk Tidak Mendatangi Lokasi Syuting

Oleh sebab itu, katanya Stasiun Meteoroligi Tunggul Wulung pada Jumat, mengeluarkan peringatan dini atas gelombang tinggi di perairan selatan Jabar-DIY.

Selain itu, Samudra Hindia selatan Jabar-DIY yang berlaku hingga Minggu, 3 Januari 2021 pukul 07.00 WIB, dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

"Dalam hal ini, tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi berpeluang terjadi di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjut, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatab Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta," ujarnya.

Baca Juga: Menunggu Kepastian Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3, Begini Kata Menaker Ida

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x