Wacana Penggabungan Kemenristek dengan Kemendikbud Dinilai Sebagai Langkah Tepat

- 13 April 2021, 23:50 WIB
Nadiem Makarim. Rencana Jokowi ingin penggabungan Kemendikbud dan Kemenristek sebagai langkah tepat. Nadiem pun dinilai sosok yang tempat menjadi sosok menterinya
Nadiem Makarim. Rencana Jokowi ingin penggabungan Kemendikbud dan Kemenristek sebagai langkah tepat. Nadiem pun dinilai sosok yang tempat menjadi sosok menterinya /Instagram.com/@nadiemmakarim/

POTENSI BISNIS - Penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dinilai sebagai lagkah tepat.

Pengamat pendidikan Ina Liem mengatakan, penggabungan akan menciptakan birokrasi di bawah satu atap sehingga lebih ramping.

Wacana penggabungan Kemenristek ke dalam tubuh Kemendikbud juga dinilai menjadi bukti bahwa Nadiem Makarim semakin dipercaya Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jadwal Imsak Rabu, 14 April 2021/ 2 Ramadhan 1442 H untuk Wilayah Jawa Timur dan Sekitarnya

Dengan latar belakang konsultan manajemen dan riset serta pendiri perusahaan teknologi, Nadiem dianggap mampu membawa perubahan di bidang pendidikan, kebudayaan, dan penelitian.

Pengamat pendidikan Ina Liem mengatakan, tren ekonomi ke depan harus berbasis inovasi sehingga pendidikan juga perlu diarahkan ke sana.

Terlebih lagi sebagian besar riset juga telah dijalankan di perguruan tinggi. Nadiem juga sebagai menteri mengusung konsep Merdeka Belajar.

Baca Juga: Puluhan Petani Milenial Asal Lebak-Banten Dikirim ke Jepang untuk Magang Pertanian Selama Tiga Tahun 

"Ini sudah langkah tepat. Peleburan ini juga berarti riset dan inovasi dibiasakan dilakukan sebelum pendidikan tinggi," kata Ina Liem dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Selasa 13 April 2021.

Halaman:

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x